Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense  - Google adsense merupakan salah satu layanan iklan google yang paling populer. Karena merupakan salah satu cara terbaik agar bisa mendapatkan penghasilan secara online, bahkah tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan secara pasif income.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense


Terdapat 2 jenis platform yang bisa anda pilih dalam menghasilkan uang dari google adsense yaitu dengan menggunakan Blog bisa blogger atau wordpress dan video youtube. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kami akan membandingkan kedua platform ini manakah yang memang terbaik dan sangat cepat dalam menghasilkan adsense. Apalagi bagi anda yang masih pemula untuk mencari penghasilan dari google.


Perbandingan Blogger Dengan Youtube Untuk Adsense


Blogger sejatinya merupakan tempat anda menuliskan informasi maupun tutorial yang dimana akan di index oleh google dan ditemukan berdasarkan kata kunci. Sedangkan Youtube adalah video yang sejatinya merupakan tempat orang mencari sebuah informasi sekaligus huburan. Jadi, kedua platfrom ini sangat berbeda. Berikut perbandingannya yang kami rangkum secara jelas untuk anda.

1# Dari Segi Kemampuan Seseorang 

Blogger, menjadi seorang blogger harus memiliki jiwa menulis yang baik. Paling tidak mengerti cara menulis yang baik dan benar. Karena seorang penulis blog, harus bisa memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca tentang apa yang dia tulis dan tentunya berguna untuk banyak orang.

Jadi apabila anda memilih blogger sebagai tempat anda menghasilkan uang dari google adsense, anda wajib memberikan tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang. Merupakan tugas yang paling berat apabila anda tidak suka menulis apabila anda memutuskan menggunakan blog.

Youtube, menjadi seorang creator video dimana harus memiliki jiwa kreatif yang tinggi dan percaya diri. Dimana anda suka dengan hal-hal yang unik dan menghibur. Karena sejatinya, menjadi seorang creator di youtube diwajibkan untuk bisa membuat sebuah konten video yang menarik sehingga mendapatkan penonton yang banyak.

Jadi apabila anda memilih youtube sebagai tempat anda menghasilkan uang dari google adsense, anda wajib bisa membuat sebuah video yang menarik dan menghibur untuk banyak orang. Apabila anda tidak memiliki kemampuan tersebut, maka video yang dihasilakn cenderung jelek dan hanya membuang waktu anda saja.

Kesimpulan, jadi bagaimana bila terdapat orang yang memiliki kemampuan terbatas dalam menulis dan juga tidak memiliki jiwa kreatif. Maka pilihan yang tepat adalah menjadi seorang blogger, paling tidak menjadi seorang blogger lebih mudah karena hanya menulis saja. Kuncinya hanya rajin membaca dan memiliki kemauan untuk belajar.


2# Dari Segi Bahan Konten

Blogger, mencari bahan untuk konten blog cukup mudah, anda bisa mencari di buku refrensi, atau wawancara. Jadi kelebihan dari blog adalah mudah mencari bahan untuk konten asalkan anda serius dan tidak malas mencarinya.

Youtube, berbeda dari blog. Untuk membuat sebuah konten video yang bagus, anda harus mencari bahan video yang menarik juga. Tentu untuk sebagian orang mencari bahan video cukup mudah, yaitu tinggal mendownload video lainnya. Tapi hal tersebut beresiko terkena pembajakan dan merugikan anda.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Pintar Mengambil Gambar Video Untuk Creator Youtube


Kesimpulan, jadi dari segi mencari bahan konten yang paling mudah adalah mencari bahan untuk blog. Karena tersedia banyak serta bebas untuk di ambil asalkan anda mencantumkan sumber refrensi yang terkait. Tentunya blog harus dengan gaya tulisan anda sendiri, jangan 100 % copy paste.


3# Dari Segi Pembuatan Konten

Blogger, ketika sudah mendapatkan bahan konten anda harus menyusun konten tersebut menjadi sebuah kalimat yang bagus untuk anda sajikan kepada visitor anda. Tapi, dalam menyusun kalimat bagi sebagian orang yang masih baru bisa sangat sulit. Tapi kalau sudah terbiasa menulis, kegiatan menulis akan mudah tapi bisa berpotensi jenuh dan malas.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Bisa Menyusun Konten Tulisan Dengan Baik Untuk Blog


Youtube, ketika bahan untuk pembuatan video youtube sudah ada. Dalam pembuatannya sangat mudah karena sudah adanya softwere pada komputer maupun samrtphone yang mendukung editing video. Dan caranya juga sangat mudah dipelajari. Hanya tinggal bahannya saja yang harus bagus dan original.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Pintar Editing Video Untuk Video Youtube


Kesimpulan, dalam segi pembuatan tentu membuat video youtube adalah yang paling mudah. Asalkan anda sudah memiliki bahan yang bagus dan original. Karena pembuatan video hanya mengandalkan softwere saja berbeda dengan membuat konten blog anda harus memikirkan tulisan yang bagus.

4# Dari Segi Promosi Konten

Blogger, setelah hasil tulisan jadi maka yang harus anda lakukan adalah mempromosikan konten tersebut agar mudah di temukan oleh visitor anda. Untuk mempromosikan tulisan blog cukup mudah, anda tinggal share di social media serta membuat konten anda di forum-forum dengan mencantumkan link menuju blog anda atau menambahkan backlink dan PBN ( private blog network).


Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Kelebihan Blog Adalah Sangat Powerfull Untuk Promosi Konten

Youtube, setelah hasil video jadi dalam mempromosikan konten video youtube sedikit sulit. Karena tidak semua video bisa di share dengan mudah di berbagai tempat. Dan hanya bisa di share pada socal media. Tapi kalau channel anda sudah terkenal, tentu mempromosikan video sangat mudah.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Video Youtube Tidak Bisa Terkenal Apabila Tidak Ada Konten Viral


Kesimpulan, dalam segi promosi konten tulisan blog lebih mudah di promosikan. Seperti bisa di tulis ulang pada berbagai forum, atau menggunakan blog lainnya, bahkan bisa dengan mudah di share pada social media manapun. Berbeda dengan video youtube untuk mempromosikan video sedikit lebih sulit.

4# Dari Segi SEO Konten

Blogger, SEO pada blog dianggap suatu hal yang paling sulit dimana memang sebuah konten sangat sulit untuk cepat di rangking sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan. Sehingga untuk SEO pada blog diperlukan ketekunan dalam mempelajari SEO agar artikel yang dibuat cepat di rangking oleh google.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Untuk SEO Blog Cukup Rumit


Youtube, berbeda dengan youtube pada SEO tidak berpengaruh dan mudah sekali di rangking apabila memang video yang anda buat memang lagi viral atau di cari oleh banyak orang. Dan pada youtube, tidak memerlukan SEO yang rumit layaknya membuat blog. Karena pencarian konten video cenderung hanya mengandalkan pencarian youtube saja.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Video Youtube Tidak Perlu SEO Tapi Seberapa Viral Video Tersebut


Kesimpulan, Dari sisi SEO konten untuk video youtube lebih unggul dari blog. Karena pada pembuatan video youtube tidak diperlukannya SEO yang rumit seperti anda membuat blog. Karena memang pencarian video pada youtube tidak selalu bergantung dengan mesin pencari google.

5# Dari Segi Kunjungan Visitor

Blogger, dari kunjungan visitor tentu konten blog yang anda tulis apabila sangat bermanfaat bagi orang banyak, akan memberikan visitor yang cukup banyak juga. Namun tidak sebanyak visitor dulu dimana bisa mencapai ribuan visitor yang datang. Karena kebanyakan orang mulai mencari konten di platform youtube. Tapi kelebihannya dari visitor blog adalah selalu ada terus, walaupun hanya sedikit.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Visitor Blog Cenderung Stabil Walapun Konten Tidak Update


Youtube, dari segi kunjungan video youtube sangat populer digunakan oleh banyak orang. Sehingga kunjungan visitor bisa lebih banyak dari sebuah blog. Tapi, video yang memiliki masa waktu seperti berita viral, hanya akan mendatangkan visitor yang banyak dalam waktu singkat saja. Dan visitor youtube layaknya televisi apabila sudah ditonton maka akan ditinggalkan dan mencari video yang baru.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Video Youtube Cenderung Menurun apabila sudah tidak menarik


Kesimpulan, dari segi kunjungan visitor apabila anda ingin mendatangkan visitor yang sangat banyak anda bisa menggunakan youtube. Tapi kalau ingin mendatangkan visitor yang konsisten namun tidak banyak anda bisa menggunakan blog. Dan menurut kami yang paling terbaik dalam menjaring visitor adalah menggunakan youtube.

6# Dari Segi Syarat Monetasi

Blogger, untuk syarat monetasi dengan iklan google adsense, cukup dengan mendaftarkan blog anda saja. Dan apabila blog anda memenuhi syarat maka akan diterima oleh pihak google, dan bisa langsung mendapatkan iklan yang bisa ditaruh pada blog anda. Kesulitannya adalah, tidak semua blog bisa memenuhi kerteria dari google inginkan.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense


Youtube, berbeda dengan blog dimana syarat monetasi blog terbilang cukup sulit. Karena anda harus mendapatkan 10.000 viewer terlebih dahulu, agar bisa melakukan monetasi terhadap video tersebut. Tentu bagi sebagian orang akan merasa kesulitan, terlebih mencari 10.000 penonton merupakan syarat yang berat.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense


Kesimpulan, dari segi syarat monetasi dimana keduanya memiliki tingkat kesulitan yang sama-sama berat. Apabila blog, anda harus membuat blog yang sesuai dengan google inginkan. Dan apabila video youtube anda harus mendapatkan total 10.000 penonton dalam satu channel. Tentu menurut kami yang paling mudah adalah membuat blog sesuai dengan keinginan google, karena sudah banyak tutorial yang bisa anda ikuti agar bisa mendapat persetujuan dari google adsense.

Apabila anda memilih youtube maka, anda harus membuat banyak video setiap harinya, agar nantinya memiliki jumlah penonton sampai dengan 10.000. Tidak sulit bagi anda yang sudah sangat paham melakukan editing video dan mendapatkan bahan video yang berkualitas.

7# Dari Segi Penghasilan Adsense

Blogger, untuk penghasilan adsense pada blog rata-rata untuk blog Indonesia hanya mendapatkan total Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 3.000.000,- untuk blog yang memiliki jumlah visitor diatas 3000 setiap harinya.


Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Grafik Pendapatan Stabil Walalupun Naik Turun


Youtube, untuk penghasilan adsense pada youtube rata-rata para creator yang sudah memiliki penghasilan bisa mendapatkan Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 9.000.000,- dimana apabila anda sudah memiliki 3000 penonton setiap harinya.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Grafik Video Menurun Seiring Menurunnya Kepopuleran Video Tersebut


Kesimpulan, jadi dari segi penghasilan adsense terbesar adalah menjadi creator youtube. Dikarenakan pada saat sekarang pengunjung internet lebih tertarik dengan tampilan audio dan juga visual yang membuat mereka nyaman dalam menerima informasi ketimbang membaca.

8# Dari Segi Penghasilan Jangka Panjang

Blogger, dalam segi penghasilan jangka panjang memiliki blogger adalah salah satu aset terbaik yang bisa anda bangun di internet. Karena pengunjung blogger walaupun hanya 300-500 orang saja per harinya, tapi penghasilan yang didapat terus berlanjut tanpa terputus. Membuat blog menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan pasif income.

Youtube, berbeda dari blog dimana video youtube tidak bisa bertahan lama. Dan apabila video tersebut sudah di tonton oleh banyak orang, maka bisa jadi tidak ada yang menonton lagi. Sehingga, anda harus membuat video baru lagi agar mempertahankan jumlah penonton yang mengunjungi channel anda.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Blog Atau Youtube Sama-sama Bisa Pasif Income


Kesimpulan, bagi anda yang menginginkan pasif income, maka pilihannya adalah membuat blog. Karena blog, memiliki kelebihan yaitu dapat di rangking dengan baik melalui kata kunci tertentu oleh mesin pencari google. Sehingga selama seseorang mencari di internet dengan kata kunci tersebut, maka selama itu pula blog anda selalu dikunjungi oleh visitor setiap harinya.

Baca Juga : 10 cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Jadi Yang Manakah Platform Terbaik Untuk Adsense


Memilih yang mana platform terbaik, jawaban kami adalah keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Jadi jawaban yang terbaik adalah menggunakan keduanya untuk melakukan monetasi secara powerfull.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense


Karena memiliki blog yang sifatnya jangka panjang akan dibantu dengan video youtube yang berkualitas akan memberikan suatu konten terbaik dan menghasilkan penghasilan yang maksimal untuk adsense.
 


Tapi saran diatas untuk seseorang yang memang serius dan mau belajar dengan tekun, karena memiliki dua platform yang dikerjakan bersamaan akan menyita waktu banyak. Untuk itu bagi anda yang masih binggung memilih blog atau youtube. Lebih baik anda berfikir secara jernih apa yang anda sukai dalam diri anda.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Modal Creator Youtube Adalah Memiliki Ide Kreatif


Jadi, apabila anda memiliki sifat lebih suka menonton dan tidak suka membaca anda bisa memilih menjadi creator youtube dan belajar membuat konten video youtube yang original dan tidak membajak video milik orang lain.

Baca Juga : 10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah

Dan apabila anda memiliki sifat suka membaca dan belajar, anda bisa memilih blog karena menulis bagi orang yang suka membaca dan belajar akan sangat mudah dilakukan. Jadi anda tinggal mencari bahan tulisan dan merapikan sesuai kaidah SEO yang benar.

Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense
Menjadi Blogger Modal Utama Adalah Ide Menulis


Akhir kata semoga tulisan dari kami bermanfaat, dan anda bisa mempertimbangkan yang mana yang terbaik untuk diri anda. Serta jangan lupa agar anda memiliki prinsip, berikan yang terbaik untuk orang lain dalam membuat setiap konten blog maupun video, terima kasih.


1 komentar untuk "Memilih Blogger Atau Youtube Untuk Penghasilan Google Adsense"

  1. Ask min, bagai mana jika saya menggabungkan kedua pilihan itu, apakah membutuhkan konsistensitas yang tinggi, dan kreatif? mohon penjelasannya min

    BalasHapus