10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS - Miris memang menjadi CPNS atau PNS dimana rata-rata penghasilan masih dibawah rata-rata gaji perusahaan swasta. Dan gaji besar PNS hanya dinikmati pada golongan III keatas. Tentu hal ini membuat CPNS dan PNS golongan bawah merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang sekarang semakin berat.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Tuntutan ekonomi yang semakin tinggi, membuat para pegawai CPNS dan PNS juga menginginkan sebuah penghasilan sampingan yang tujuannya membantu meringankan beban kebutuhan hidup. Dan adanya peraturan yang masih berlaku yaitu larangan pegawai aparatur negara berbisnis, membuat CPNS dan PNS tidak bisa menjalankan bisnis.

Akan tetapi didalam peraturan tersebut bisa anda garis bawahi bahwa UU PP No 6 Tahun 1974 hanya mengatur tentang CPNS dan PNS yang berbisnis secara penuh di suatu perusahaan swasta dan menjadi pemegang saham yang bisa mengatur jalannya perusahaan. Tentu hal tersebut memang melanggar karena sejatinya CPNS dan PNS harus mengabdi kepada negara.

Baca Juga : 10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah

Jadi, kami disini hanya memberikan 10 ide usaha sampingan yang tentunya tidak ada hubungannya sama sekali dengan UU PP No 6 tahun 1974. Karena usaha ini murni merupakan cara agar CPNS maupun PNS agar bisa memperoleh pendapatan sampingan yang tidak mengganggu kegiatan di lingkup pemerintah. Berikut 10 ide usaha yang bisa anda lakukan yang berprofesi sebagai pegawai CPNS dan PNS.

10 Ide Usaha Yang Bisa Anda Coba Untuk Mendapatkan Penghasilan Sampingan



1# Menjadi Youtubers

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan penghasilan sampingan adalah menjadi seorang youtubers. Dimana anda tinggal mencari ide kreatif untuk membuat video yang menarik lalu anda bisa upload di situs youtube.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Sudah banyak CPNS maupun PNS yang terjun di dunia youtube bahkan sudah berhasil dan memperoleh penghasilan. Tidak mesti video tentang keseharian anda, mungkin anda bisa membuat video tentang perjalanan dinas anda, atau membuat video tentang anak anda, atau membuat video tentang hewan peliharaan anda.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan di youtube sendiri mungkin diperlukannya waktu, paling tidak setahun untuk konsisten dalam membuat video yang berkualitas dan memiliki karakter. Dalam pembuatannya juga tidak usah menggunakan kamera mahal, anda cukup menggunakan smartphone saja.

Dan jumlah penghasilan dari youtube apabila anda sudah mendapatkan viewer yang lumayan banyak mungkin bisa mendapat Rp 1.300.000,- untuk setiap bulannya atau bisa per tiga bulan tergantung seberapa banyak penonton video anda.

Baca Juga : 10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


2# Jasa Editing Video Pernikahan

Memiliki kemampuan editing video pernikahan merupakan salah satu aset berharga yang ada dalam diri anda. Jangan sia-siakan kemampuan anda dalam melakukan editing video yang baik. Karena bayaran jasa editing video pernikahan harganya cukup menjanjikan.


10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Anda bisa menawarkan jasa anda di komunitas fotografi di kota anda, dimana tujuan anda adalah hanya sekedar membantu para fotografer professional dalam menyelesaikan tugasnya. Karena rata-rata para fotografer yang memiliki job yang banyak, akan sedikit kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya disebabkan terbatasnya waktu.

Untuk itu tawarkan jasa anda, dimana setiap editing anda dibayar Rp 200.000,- sampai dengan Rp 500.000,- tergantung tingkat kesulitannya. Dan sebulan kemungkinan anda bisa memperoleh Rp 2.000.000,- apabila setiap akhir pekan anda menggarap video tersebut.

3# Membeli Waralaba Yang Lagi Trend

Apabila anda memiliki sejumlah modal, tapi tidak mau repot membuat sebuah usaha. Mungkin dengan membeli Waralaba adalah pilihan yang cukup menarik. Karena selain hanya membutuhkan sejumlah modal yang cukup, anda juga hanya perlu menjalankan sistem bisnisnya saja.

Ditambah lagi bila waralaba yang anda beli merupakan waralaba yang cukup terkenal, maka akan dipastikan potensi keberhasilan juga cukup tinggi. Namun agar bisa balik modal, yang perlu diperhatikan dalam bisnis waralaba adalah tempat usaha waralaba itu sendiri. Usahakan agar tempat usaha waralaba berada diposisi startegis paling tidak dekat dengan keramaiaan.

Untuk pendapatan cukup lumayan dari Rp 1.000.000,- sampai Rp 4.000.000,- sebulan bisa anda dapatkan bila memang tempat usaha anda cukup ramai. Apabila bisnis waralaba anda sudah balik modal, anda bisa mencoba membeli binis waralaba lainnya untuk memperluas usaha sampingan anda.

4# Jasa Fotografi Pernikahan

Merupakan salah satu profesi terbaik untuk memperoleh penghasilan sampingan, yaitu menjadi fotografer di acara pernikahan. Karena selain mudah, anda juga dapat mengasah ilmu anda di dunia fotografi.

Akan tetapi menjadi seorang fotografi paling tidak anda memiliki sebuah kamera professional terbaik dengan harga rata-rata diatas Rp 4.000.000,-. Karena dengan kamera yang bagus, maka hasil foto yang didapat juga akan bagus.

Untuk pendapatan sendiri, usaha sampingan jenis fotografi sangat lumayan bisa berkisar Rp 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- tergantung kesepakatan. Agar anda bisa mendapatkan job pada pekerjaan ini diakhir pekan, anda harus banyak bergabung di komunitas fotografer yang ada di kota anda.

5# Jualan Online Sekala Kecil

Salah satu usaha sampingan yang lumayan menjanjikan dan sangat mudah dijalankan adalah berjualan online sekala kecil. Dimana anda menjual barang yang anda peroleh dari luar negeri kemudian anda jual kembali secara online.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Tidak perlu membuat toko online, cukup menjual di social media atau menjual melalui marketplace tokopedia atau bukalapak. Anda sudah bisa berjualan online dengan mudah. Tentunya diperlukan modal sekitar Rp 4.000.000,- sebagai persediaan barang yang akan anda jual.

Pendapatan penjualan online sekala kecil memang tidak begitu besar, baisanya rata-rata hanya mendapatkan untung bersih sekitar Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,- tergantung berapa banyak barang yang terjual. Namun usaha sampingan ini sangat mudah dijalankan tanpa menyita waktu banyak.

6# Jualan Pulsa

Salah satu jualan yang melegenda adalah, jualan pulsa. Kenapa melegenda, karena sejak dulu banyak orang yang menjalankan bisnis ini. Tapi sebagian orang kesulitan dalam mengembangkan jualan pulsanya karena cenderung di hutangin dan banyak yang tidak bayar.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Memang salah satu kelemahan dalam penjualan pulsa adalah kerap di hutangin. Sehingga apabila anda memang ingin berjualan pulsa, pastikan tidak adanya saingan yang menjual pulsa juga, serta jangan menerima pembelian pulsa secara hutang.

Untuk pendapatan penjualan rata-rata menghasilkan Rp 500.000,- sampai Rp 700.000,- sebulan apabila anda menjual secara konsisten setiap harinya. Memang pendapatan kecil, namun usaha sampingan ini sangat mudah dijalankan karena hanya bermodalkan ponsel saja.

7# Bitcoin Mining

Merupakan usaha sampingan yang baru, yaitu menambang bitcoin. Memang menambang bitcoin diperlukan banyak modal apabila anda menambang dengan menggunakan hardwere. Tapi sekarang menambang bitcoin kian mudah, anda tinggal mencari situs yang memberikan bitcoin gratis maka anda sudah bisa memperoleh paling tidak beberapa ratus satoshi.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Menambang bitcoin diperlukan ketekuanan dan kesabaran tingkat tinggi agar dapat menghasilkan bitcoin secara berlanjut. Paling tidak anda memiliki dompet bitcoin tempat anda menyimpan hasil tambang yang anda lakukan.

Penghasilan bitcoin memang rata-rata masih semu atau hanya sebatas pendapatan secara digital. Namun ketika anda mengumpulkan pecahan bitcoin atau satoshi dengan konsisten, maka  bisa dijual kembali melalui dompet bitcon yang dimana akan memperoleh Rp 500.000,- sampai Rp 2.000.000,- tergantung program apa yang anda ikuti.

Dan hati-hati dalam memilih program bitcoin yang menawarkan bitcoin gratis, pastikan bahwa program tersebut memang terbukti membayar. Sehingga anda tidak membuang waktu anda hanya dengan pekerjaan yang sia-sia.

8# Jualan Artikel Blog Online Atau Video Blog

Salah satu cara menghasilkan pendapatan sampingan secara online, yaitu menjual hasil tulisan untuk sebuah blog atau membuat blog tulisan dalam bentuk video. Dimana hal tersebut sangat membantu sebagian orang yang berprofesi sebagai publisher google adsense.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Tempat terbaik untuk menjual konten tulisan bolg atau video blog adalah di forum ads.id maupun di social media. Tapi jangan pernah menawarkan jasa pembuatan blog atau pembuatan video blog, karena akan menyita waktu anda apabila banyak orderan yang masuk. Tentu hal tersebut akan mengganggu pekerjaan anda sebagai CPNS dan PNS.

Untuk pendapatan dari penjualan tulisan blog atau video blog cukup lumayan bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan. Yaitu bisa sekitar Rp 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,-. untuk setiap penjualan konten dalam sebulan.

9# Penyewaan Kamar di Rumah

Pada era sekarang yang serba menggunakan teknologi, dimana sangat mudah menemukan segalanya. Termasuk menemukan kamar yang kosong dan disewakan dengan harga terjangkau. Dengan melalui situ AirBnB anda bisa menyewakan kamar kosong yang tidak terpakai untuk para backpacker maupun turis yang mengunjungi kota anda.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Mungkin anda memiliki sebuah rumah yang cukup besar, ada beberapa kamar yang bisa digunakan untuk para pelancong atau backpacker tinggal sementara. Untuk penghasilannya juga lumayan setiap bulannya apabila kamar sewaan anda sudah terkenal.

Pendapatan perbulan dengan harga kamar Rp 200.000,- per malam, mungkin akan menghasilkan sekitar Rp 1.500.000,- sampai dengan Rp 2.000.000,- tergantung dari sebrapa banyak kunjungan turis atau warga luar daerah yang berkunjung.


10# Warung Kopi Atau Angkringan Depan Rumah

Punya garasi rumah yang menjadi gudang saja, atau halaman yang lumayan luas. Anda bisa jadikan tempat tersebut menjadi warung kopi atau angkringan. Apalagi bila anda benar-benar mendesain dengan baik warung kopi tersebut agar menarik, pasti nantinya bisa ramai dikunjungi oleh banyak orang.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS


Waktu membuka warung kopi atau angkringan juga sangat cocok adalah malam hari, dimana tidak mengganggu aktifitas pekerjaan anda. Namun yang diperhatikan adalah jam tutup warung kopi dan angkringan tersebut. Karena biasanya, pelanggan menginginkan buka sampai larut malam.

Untuk biaya membuat warung kopi atau angringan tidak terlalu mengeluarkan budget yang besar. Terlebih semua makanan dan minuman yang disajikan rata-rata serba instan. Yang penting adalah suasana yang nyaman, serta adanya free wifi.

Dan penghasilan dari warung kopi atau angkringan apabila ramai nilainya bisa fantastis yaitu sekitar Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 3.000.000,- tergantung berapa banyak pelanggan yang mengunjungi warung kopi atau angkringan anda.

Cara Mencari Sampingan Tanpa Mengganggu Pekerjaan 


Menjadi pegawai CPNS dan PNS memang memiliki waktu yang cukup panjang untuk beristirahat, seperti jam kerja yang singkat serta libur di akhir pekan yaitu sabtu dan minggu, Tentu adanya waktu libur yang panjang, anda bisa memilih salah satu ide usaha sampingan yang kami rangkum diatas. Dan memang ide usaha tersebut kami pilih karena mudah dijalankan di akhir pekan ketika anda libur.

Yang jelas, jangan pernah anda memilih dua atau lebih usaha sampingan yang kami rangkum. Karena akan menyita waktu anda serta membuat tubuh anda lelah dan tidak bersemangat kerja besok harinya. Contohnya adalah, anda sebagai fotografer sekaligus editing video pernikahan. Maka hal tersebut akan membuang waktu istirahat anda.

Pastikan agar memilih usaha sampingan yang benar-benar anda senangi dan kuasai, yang paling umum dan mudah adalah berjualan pulsa atau barang online. Juallah barang yang memang anda sukai serta peminatnya banyak, dan jangan menjual barang yang tidak anda mengerti sama sekali.

Baca Lagi : 10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat

Yang paling penting adalah, usahakan aktifitas sampingan anda tidak mengganggu pekerjaan anda. Seperti melakukan usaha sampingan disela-sela pekerjaan utama anda. Jangan pernah memaksakan diri mengambil pekerjaan-pekerjaan lebih yang memang diri anda tidak sanggup untuk melakukannya.

10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS
Usaha Sampingan Setelah Tugas Dan Tanggung Jawab Selesai


Contohnya adalah, anda mengambil job fotografi pada hari senin siang karena bayarannya mahal, sehingga anda bolos kerja demi mengambil job tersebut. Hal tersebut sangat melanggar sumpah pengabdian anda sebagai CPNS dan PNS. Walaupun anda memiliki ekonomi yang sulit, jangan pernah mengambil hak-hak pemerintah yang wajib anda penuhi.

Konsekuensi anda mengambil usaha sampingan di sela pekerjaan utama anda adalah, akan berpotensi tidak fokus serta melelahkan pikiran. Apalagi bila usaha sampingan yang anda jalankan hanya berujung melelahkan dan tidak menguntungkan sama sekali.

Jadi yang harus anda lakukan adalah, tetap fokus di pekerjaan utama anda. Dan jangan terlalu ambisius menjalankan usaha sampingan yang anda pilih. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Ide Usaha Sampingan Untuk Pegawai CPNS dan PNS"