Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense

Mengenal Facebook Instan Artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense - Facebook tidak mau ketinggalan dalam urusan penayangan iklan, dimana facebook ingin mengalahkan dominasi Google Adsense yang merupakan program penayang iklan nomor satu di Internet saat ini. Dimana program tersebut adalah Facebook Instan artikel dengan didukung oleh Audience Network.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Facebook Instan Artikel sendiri merupakan sistem dimana sebuah artikel blog ditampilkan melalui aplikasi Facebook di Mobile dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bahkan 10x lebih cepat dari web browser google. Hal ini disebabkan, sistem facebook instan artikel menggunakan HTML 5 yang lebih ringan melakukan loading page.

Untuk platform Blog yang digunakan lebih baik menggunakan Wordpress dengan menggunakan plugin khusus Facebook Instan Artikel. Cara kerjanya hampir sama dengan Google AMP, dimana merubah struktur WEB dari blog yang dipasang plugin tersebut menjadi lebih ringkas dan ringan.

Namun yang berbeda adalah, dimana Artikel dalam blog tersebut bisa dipasang iklan dari jaringan Facebook yang bisa disebut Audience Network. Namun untuk komisi yang didapat, berbeda dari Google Adsense yang didapat dari per klik. Tapi komisi dibayar setelah per 1000 tayang artikel tersebut dibaca pada jaringan facebook.

Bagimana Cara Mendaftar Facebook Instan Artikel


Apabila anda tertarik ingin mencoba mendapatkan penghasilan dari Facebook Instan Artikel, artinya anda siap untuk terjun di dunia Blogger dengan kompetisi tingkat tinggi. Karena, facebook instan artikel dimana membutuhkan sebuah artikel yang viral serta informatif agar iklan yang ditampilkan bisa tersalurkan dengan baik untuk pengguna facebook.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense

Sebelum memulai untuk mendaftar Facebook Instan Artikel, usahakan agar anda memiliki halaman facebook yang sudah terdapat anggotanya. Paling tidak 2000 orang atau lebih, agar proses pendaftaran Facebook Instan Artikel jadi mudah.

Setelah itu anda bisa mendaftar facebook Instan Artikel adalah dengan membuka alamat situs instantarticles.fb.com. Dimana pada dasbor tersebut, anda bisa memilih halaman yang anda miliki serta memasukan halaman URL blog anda yang ingin anda daftarkan. Untuk halaman facebook, dimana anda harus sesuai kerteria yang diinginkan facebook yaitu sudah ramai dan terdapat beberapa anggota aktif.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Pastikan blog anda memang sudah memiliki jumlah artikel minimal 10 artikel original, terdiri dari 300 kata. Lalu pasang plugin di wordpress https://wordpress.org/plugins/fb-instant-articles/ dan perlu anda ingat bahwa wordpress yang digunakan merupakan wordpress self hosting.

Kemudian anda bisa langsung menghubungkan Halaman Facebook anda dengan artikel blog anda di plugin wordpress Fb instant articles. Kemudian klaim URL blog yang anda daftarkan, pastikan sudah benar-benar terhubung dengan adanya tanda conteng hijau pada dashbor facebook instan artikel.


Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Selanjutnya anda bisa mengatur halaman dasbor facebook instan artikel anda dengan menambahkan logo blog anda. Dan buatlah sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh facebook, dan anda wajib membuatnya agar blog anda diterima untuk menayangkan instan artikel facebook.


Bagaimana Cara Monetisasi Blog di Facebook Instan Artikel


Apabila blog anda sudah sepenuhnya diterima, usahakan agar artikel blog anda mendapatkan 1000 View untuk artikel yang anda share dari halaman facebook anda. Agar proses penayangan iklan bisa menghasilkan pendapatan.

Cara terbaik agar mendapatkan 1000 View untuk setiap artikel adalah, dimana anda wajib bisa menulis dengan cepat dan akurat tentang berita yang sedang viral pada saat itu. Jangan sampai anda ketinggalan berita, karena pendapatan anda ditentukan dari seberapa cepatnya anda membuat sebuah artikel yang viral.

Ketika anda sudah memperoleh jumlah view yang lumayan sekitar 1000, maka anda bisa membuka halaman dasbor di facebook instan artikel dengan memilih pengaturan Audience Network dan centang persetujuan iklan. Dengan begitu anda akan mendapatkan ID penempatan iklan.

Siapkan pembayaran sesuai bank yang anda miliki, serta siapkan juga nomor NPWP. Kemudian buka kembali dashbor Facebook Instan Artikel, lalu pilih Audience Network dan copy ID penempatan iklan anda. Yang nantinya anda copas di dashbor wordpress anda pada plugin, dimana anda masukan ID penempatan iklan anda.

Kekurangan Facebook Instan Artikel Ketimbang Program Google Adsense



Akhir-akhir ini cukup banyak para publisher Google Adssense terutama yang menggunakan Youtube, beralih ke Facebook Instan Artikel. Lantaran semakin sulitnya memperoleh penghasilan yang signfikan melalui program google Adsense. Ditambah lagi makin beratnya persyaratan monetisasi pada youtube yang membuat sebagian publisher menyerah.

Sehingga sekarang Facebook Instan Artikel memberikan harapan baru untuk para publisher memperoleh pendapatan dari artikel yang sudah dipasang iklan. Namun banyak kelemahan yang kami dapatkan dari program facebook instan artikel ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1# Harus Menggunakan Wordpress Self Hosting

Bagi sebagian orang, terutama yang suka membuat blog dengan biaya murah seperti menggunakan platform blogspot. Akan tidak bisa berpartisipasi, karena Facebook Instan Artikel berbasiskan HTML 5 agar mendapatkan loading page lebih cepat.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Untuk itu, apabila memang anda serius ingin memperoleh pendapatan dari sini, paling tidak anda menyiapkan biaya domain dan hosting yang harganya cukup mahal pertahunnya. Dimana harga domain rata-rata Rp 125.000,- dan hosting yang standar Rp 350.000,- total biaya pertahun bisa mencapai Rp 475.000,-.

Baca Juga : Niagahoster Tempat Beli Domain Dan Hosting Murah

Sedangkan Google Adsense, bisa menggunakan platfrom gratisan seperti blogspot, dan biaya yang dikeluarkan bisa gratis dan paling hanya biaya domain pertahun. Dimana sudah bisa memasang iklan google adsense apabila sudah diterima sepenuhnya.

2# Memiliki Sejumlah Halaman Facebook Aktif

Yang paling sulit adalah memperoleh Halaman Page facebook yang aktif melakukan share dan like di halaman page yang anda miliki. Dimana satu-satunya jalan agar halaman facebook dapat ramai adalah mengiklankan halaman yang anda miliki. Dan biayanya bisa cukup mahal dari Rp 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,-.

Apabila anda mau gratisan, anda bisa membangun halaman facebook dengan cara mencari teman facebook sebanyak-banyaknya dan mengajak bergabung di halaman yang anda miliki. Namun waktu anda akan banyak terbuang hanya melakukan hal tersebut.

Sedangkan Google Adsense sendiri tidak mewajibkan memiliki fans page atau halaman aktif dari facebook, namun bila ada bisa lebih baik. Karena akan membuat artikel blog memiliki posisi yang kuat di mesin pencari Google.

3# Minimal 1000 View untuk memperoleh komisi

Kemudian, agar memperoleh penghasilan paling tidak artikel yang anda buat bisa mencapai 1000 pembaca setiap artikelnya. Tentu hal ini cukup mudah bila anda membuat berita yang bagus, akurat serta terpercaya.

Untuk itu, kualitas dalam anda menulis harus benar-benar terbaik. Paling tidak kualitas tulisan anda tetap original dan tidak copas dari portal berita lainnya. Untuk itu, bila anda memang serius terjun ke dunia facebook instan artikel paling tidak anda sudah memang benar-benar siap sibuk dan tidak bisa santai-santai.

Berbeda dengan Google Adsense, dimana bayaran komisi dibayar berdasarkan jumlah klik per iklannya,. Memang sepintas lebih mudah facebook Instan artikel, karena iklan yang tayang tidak perlu di klik namun sudah menghasilkan.

4# Artikel Harus Viral Atau Tentang Berita

Apabila anda tidak suka dengan kegiatan menulis tentang berita viral, maka jangan pernah mencoba menggunakan niche tentang hal-hal berbau tutorial. Karena sifat dasar dari facebook layaknya sebuah berita yang terus menerus diperbaruhi. Dimana keinginan facebook adalah terus mendapatkan informasi terbaru di setiap saat.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Jadi, apabila anda terbiasa terjun di dunia niche tutorial, tentang fashion, tentang tekno. Mungkin bisa beralih ke niche berita viral, berita politik, atau berita daerah anda. Layaknya seperti seorang wartawan, dan memang hal itulah yang dicari oleh facebook, menyajikan berita terkini secara update.

Untuk blog yang menggunakan Google Adsense sendiri tidak melarang niche apa yang dipilih, asalkan tidak mengandung blog yang dilarang oleh pihak google. Bahkan, bila niche tentang berita viral juga bisa memberikan keuntungan yang baik untuk pendapatan dengan program Google Adsense.

5# Tingkat Persaingan Akan Tinggi
 
Jelas dengan hadirnya program Facebook Instan Artikel akan banyak bermunculan publisher-publisher baru yang akan menjadi pesaing anda. Apalagi yang memiliki modal yang kuat, maka akan memperberat tingkat persaingan.

Tapi yang menjadi buruk adalah, facebook akan dibanjiri banyak berita yang membahas tentang itu-itu saja. Karena pola publisher hampir memberitakan berita yang sama setiap saat. Yang membedakan adalah kecepatannya saja dalam menulis.

Dan inilah yang membuat harga dari komisi pendapatan bisa menurun, disebabkan iklan yang didistribusikan pada blog sudah cukup banyak dan terbagi dengan publisher lainnya. Jadi wajar saja bila ingin mendapatkan minimal payout $100 harus memang benar-benar berjuang dan tidak mudah.

Hampir sama dengan program Google Adsense, dimana tingkat persaingan bahkan lebih tinggi. Karena harus bisa bersaing dengan Website-Website besar dengan teknik SEO yang sudah cukup tinggi. Menurut kami tingkat persaingan google lebih berat ketimbang facebook.

Kesimpulan Facebook Instan Artikel


Mengikuti program publisher, entah Google Adsense maupun facebook instan artikel. Hampir keduanya sama-sama memiliki kesulitan yang sama. Dan semua tergantung dari motivasi serta usaha dari anda yang berjuang mencari pendapatan melalui internet.

Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense


Yang jelas, apabila anda ingin serius di program instan artikel facebook. Maka lebih baik anda membangun blog baru yang fresh. Dan tentunya anda tidak perlu memikirkan SEO, yang harus anda lakukan hanya memperoleh jumlah anggota halaman facebook yang banyak serta jumlah pertemanan facebook yang tinggi.

Selanjutnya cukup anda membuat berita yang bagus dan tugas anda telah selesai. Begitu mudah memang menjadi publisher facebook instan artikel, untuk itu mulailah dari sekarang membangun blog instan artikel anda. Dan raihlah kesempatan mendulang dolar dari facebook sebelum tingkat persaingan akan menjadi lebih tinggi.

1 komentar untuk "Mengenal Facebook Instan artikel Alternatif Monetisasi Blog Selain Google Adsense"

  1. Boleh dicoba nih, cocok buat menambah penghasilan selain google adsense. Soalnya semakin kesini peraturan GA semakin ketat, jadi pengen coba hal yang baru.

    BalasHapus