Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Sampingan di Rumah

10 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Sampingan di Rumah – Perkembangan teknologi dan informasi mengubah perilaku dan cara hidup sebagian masyarakat. Selain itu, hobi yang semula hanya menguras uang pun bisa dijadikan sebuah bisnis yang mampu memberikan pemasukan yang memuaskan.

10 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Sampingan di Rumah


Banyak sekali hobi yang bisa dijadikan bisnis dan bahkan tidak sedikit oang yang mampu menjadi perusahaan besar berkat hobi yang ditekuninya beberapa tahun yang lalu. Seperti Mooryati Soedibyo yang semasa muda hobi membuat jamu, kini beliau memiliki perusahaan bidang jamu yang berskala nasional. Dan berikut 10 hobi yang bisa dijadikan bisnis yang bisa anda pilih.

Beberapa Usaha Yang Menjanjikan Dari Hobi Yang Anda Miliki


1# Hobi Menulis

Hobi menulis juga bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan bahkan tidak jarang ada yang menjadikan hobi menulis sebagai penghasilan utama. Anda dapat menulis baik melalui media cetak seperti koran, tabloid maupun majalah.

Honor atas setiap tulisan yang terbit pada media cetak skala nasional jumlahnya sangat besar untuk pekerjaan menulis satu artikel. Terlebih juga setiap bulannya Anda dapat menembus sepuluh artikel pada berbagai media cetak. Penghasilan yang akan Anda dapatkanpun berkali kali lipat dibandingkan dengan UMK daerah Anda.

Selain itu anda juga bisa membuat sebuah blog, untuk bisa dipasang iklan adsense nantinya. Dimana memang penghasilannya cukup lumayan untuk tambahan uang sampingan. Tapi ingat bahwa, artikel atau tulisan yang anda buat merupakan tulisan yang bukan Hoax maupun penipuan.

Hindari juga tulisan-tulisan yang tidak bermanfaat bagi orang lain. Dan anda wajib menulis hal-hal yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Serta menulis tentang segala sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang yang membaca tulisan anda.

2# Hobi Travelling

Jika Anda suka dengan hobi travelling, maka tidak salah untuk menjadikan hobi ini sebagai bisnis yang menggiurkan. Anda dapat membuka layanan jasa wisata, rental, outing maupun tour guide yang menawarkan pengalaman ketika berjelajah.

Banyak sekali lading bisnis di sektor ini, Anda dapat memadukan dengan budaya daerah yang akan menghasilkan paket wisata dengan ciri khas. Semisal Anda menawarkan paket wisata dimana pesertanya pun diajari untuk menulis batik di Kampung Batik.

Pengalaman inilah yang menjadikan peserta wisata Anda memiliki sensasi dan perasaan yang sangat unik. Terlebih ketika memasuki musim liburan, omzet usaha Anda ini dapat dipastikan akan melonjak dengan tajam.

Selain itu anda juga bisa membuat sebuah Vlog video wisata yang bisa anda masukan kedalam channel Youtube anda. Sehingga nantinya channel youtube anda bisa dilakukan monetasi oleh pihak pengiklan google adsense.

3# Hobi Desain Grafis

Selain dari menulis, bagi Anda yang memiliki hobi desain grafis pun dapat menjadikan hobi Anda sebagai bisnis yang sangat prospektif. Anda dapat membuka bisnis yang melayani jasa cetak undangan, pamphlet, poster, baliho dan lain sebagainya.

Bahkan ketika Anda sudah memiliki jago desain menggunakan berbagai aplikasi seperti Corel Draw, Adobe Photosop, Adobe Ilustrator dan lainnya. Anda dapat menjual hasil karya Anda di marketplace luar negeri.

Selain itu Anda juga dapat mengikuti kompetisi desain melalui website 99Design atau Shutterstock  yang mana setiap desain yang bisa Anda menangkan akan memperoleh imbalan yang tidak sedikit. Paling tidak ratusan dollar dapat Anda kantongi.

Namun perlu diingat bahwa, anda wajib membeli softwere tersebut secara asli dan tidak menggunakan crack untuk softwere Corel Draw, Adobe Photosop, Adobe Ilustrator. Karena hal tersebut merupakan hal yang merugikan pihak devloper aplikasi tersebut.

4# Hobi Fotografi

Selain itu jika Anda memiliki hobi fotografi, Anda dapat memanfaatkan beragam peralatan fotografi yang tidak murah harganya dengan menjadikan bisnis jasa fotografi. Adapun target pasar yang bisa Anda ambil seperti jasa fotografi udara seperti pemetaan menggunakan drone, jasa fotografi pernikahan, ataupun jasa fotografi untuk event-event tertentu.

Selain itu Anda juga dapat menjual hasil jepretan Anda yang paling baik melalui website yang mana setiap foto yang berhasil Anda jual akan diberikan imbalan tergantung dengan yang Anda mau. Atau Anda juga bisa mengikuti kompetisi fotografi dimana setiap juara pertama mendapatkan hadiah yang tidak sedikit.

Tapi ingat anda tidak boleh mengambil atau menjual foto dengan object manusia tanpa persetujuan orang yang anda foto. Serta jangan juga mengambil foto-foto yang tidak sopan untuk anda manfaatkan sendiri atau untuk disebarkan keorang lain. Karena tindakan tersebut sangat melanggar etika, dan menimbulkan ketidak nyamanan bagi orang yang anda foto.

5# Hobi Kuliner dan Masak

Jika Anda hobi kuliner dan masak memasak, maka Anda sudah memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk memulai usaha dibidang kuliner. Anda tidak perlu membuka resto ataupun kafe dengan modal sekian puluh juta rupiah.

Anda dapat membuat kuliner yang khas dimana Anda unggul dalam membuat menu kuliner tersebut. Selain itu Anda juga dapat bekerjasama dengan Go-Food untuk mempromosikan usaha kuliner Anda tanpa perlu repot membangun warung.

Apalagi adanya aplikasi startup Madhang, dimana dapat mempromosikan masakan rumahan yang bisa anda jual dan sajikan ke orang lain. Dan aplikasi ini juga sudah bekerja sama dengan Grab, tentu akan memudahkan anda menjalankan bisnis sampingan di rumah.

6# Hobi Kecantikan Dan Perawatan Wajah

Jika anda seorang wanita yang hobi dengan kecantikan dan perawatan wajah, mungkin anda bisa menjadikan hobi anda sebagai ladang bisnis anda. Apalagi bila anda memiliki jumlah follower di Instagram cukup banyak. Dimana anda bisa memanfaatkan social media tersebut untuk mempromosikan produk-produk kecantikan dan perawatan wajah.

Selain itu anda juga bisa memberikan tutorial make-up dan tips-tips perawatan wajah di akun social media anda. Sambil anda mempromosikan produk kecantikan yang anda jual, sangat menarik bukan. Karena hobi anda bisa tersalurkan dengan menghasilkan bisnis sampingan.

7# Hobi Olahraga

Hobi olahraga adalah hobi yang sangat bermanfaat dan peduli dengan kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari olahraga. Salah satunya adalah bisa anda bisniskan, contohnya adalah bisnis membuka tempat pelatihan renang, pelatihan memanah, atau pelatihan berkuda.

Bisnis ini bisa anda kerjakan sampingan, dihari libur atau setelah pulang bekerja. Dimana selain menyehatkan tubuh anda, juga memberikan manfaat bagi orang-orang yang berolahraga dengan anda. Namun perlu diingat bahwa bila anda laki-laki, maka lebih baik orang yang anda latih adalah laki-laki juga. Agar anda lebih fokus dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.


8# Hobi Mengajar Seseorang


Apakah anda memiliki kemampuan mengajar seseorang.? atau anda berprofesi sebagai guru. Maka hobi mengajar anda bisa dijadikan sebuah bisnis yang penting. Dimana bisnis ini merupakan bisnis yang mulia dan menghasilkan.

Anda bisa membuat sebuah video pembelajaran di YouTube maupun menjual video pembelajaran anda. Dimana video-video edukatif yang anda buat bisa bermanfaat untuk sekolah-sekolah lainnya, anda bisa menjual video tersebut dengan harga yang terjangkau.

Jangan berfikiran untuk menjual sebuah ilmu terlalu mahal, karena sebuah ilmu wajib di serap oleh banyak kalangan. Selain itu anda juga bisa membuat sebuah website edukasi yang bisa anda memasang iklan penjualan barang online anda di website tersebut.

9# Hobi Gadget

Apabila anda memang hobi dalam urusan gadget, seperti Smartphone, drone, atau kamera. Mungkin bisa anda manfaatkan untuk bisa dijadikan ladang bisnis sampingan anda. Karena pada masa sekarang, gadget sudah menjadi kebutuhan.

Apalagi bila anda memang pintar dalam memainkan gadget tersebut, seperti mengetahui tips dan trik cara menggunakannya yang benar, cara merawatnya. Dimana anda bisa membuat channel youtube untuk mengulas dan membahas gedget tersebut secara spesifik. Setelah itu barang tersebut bisa anda jual kembali, jadi pastikan agar barang gadget yang anda gunakan masih bagus dan layak jual.

Jadi keuntungan dari menjalankan bisnis sampingan ini adalah, selain menyenangkan anda bisa mencoba berbagai macam gadget terbaru dan bisa menjual kembali. Serta membuat channel youtube anda juga bisa di monetasi dengan google adsense. Karena setiap gadget terbaru akan banyak peminatnya dan mudah untuk dijual kembali.

10# Hobi Otomotif 

Mungkin salah satu dari anda memiliki hobi otomotif, paling tidak hobi motor. Entah motor sport maupun motor matic, dimana hobi motor tidak hanya membuang uang namun juga bisa menghasilkan uang.

Salah satu bisnis sampingan yang bisa anda jalankan dengan hobi otomotif yang anda miliki adalah, menjadi montir online dengan perbaikan-perbaikan ringan seperti mengganti oli, mengganti spare part yang tergolong masih bisa dikerjakan dirumah.

Dimana anda bisa memanfaatkan sarana social media untuk mempromosikan jasa anda, lalu anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui apliaski chat. Belum ada konsep startup yang mengusung tema bengkel online, dan siapa tau nanti kedepannya akan ada bibit-bibt unggul Indonesia yang membuat aplikasi tentang Bengkel Online.

1 komentar untuk "10 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Sampingan di Rumah"

  1. Mendapatkan uang dari hobi merupakan keberuntungan. Tidak semua orang bisa merasakannya. Saya termasuk salah satu orang yang memanfaatkan hobi untuk menafkahi keluarga.

    BalasHapus