10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah
  - Apa yang anda pikirkan ketika menonton pertama kali video dari youtube ?, mungkin salah satu pikiran yang ada adalah " Saya akan mendapatkan banyak video apa saja yang menarik buat saya tonton "  Tapi sayangnya youtube di tahun 2008 sangat berbeda dengan youtube sekarang dimana banyaknya konten re-upload yang tidak menarik di mata penonton.

Padahal youtube dibuat tujuan utamanya adalah membagikan video yang menarik, original, dan bermanfaat untuk khalayak umum di seluruh dunia. Tapi karena adanya teknologi yang dapat mendownload video di situs youtube maka sangat mudah sekali seseorang untuk dapat memodifikasi dan melakukan re-upload dengan mudah di youtube yang tujuannya hanya ingin mendapatkan viewer yang banyak.

Bahkan parahnya lagi adalah melakukan siaran langsung dengan menyiarkan secara ilegal konten televisi seperti pertandingan olahraga atau film lainnya hanya semerta-merta mencari keuntungan dari iklan yang di tayangkan atau mencari subcriber dengan instan. Namun hal tersebut hanya membuat akun di bannned oleh pihak youtube.

Konten Video Apa Yang Menarik Untuk Membuat Video di Youtube Tanpa di Banned?


Untuk membuat sebuah konten yang menarik di situs youtube, kuncinya adalah menghibur dan bermanfaat untuk semua orang. Anggap saja anda adalah seseorang pemilik sebuah televisi, apabila anda menyajikan tayangan yang menarik dipastikan penonton juga akan banyak.

Tapi sayangnya membuat sebuah konten menarik tidak lah mudah seperti membuat sebuah blog yang inti dari tujuannya adalah monetisasi. Jujur saja lebih mudah membuat blog daripada membuat sebuah video yang menarik. Kenapa? , karena membuat video yang menarik dibutuhkan sebuah visual yang bagus serta kualitas suara yang jernih.

Jelas membuat sebuah visual yang bagus tentu anda membutuhkan kamera yang tangguh dan professional. Lalu tahap editing video juga penting, dimana menambahkan efek-efek visual yang mengagumkan seperti channel youtube milik Agung Hapsah sederhana tapi sangat menarik untuk di tonton.

Salah satu cara termudah dalam membuat video youtube adalah memiliki sebuah kamera handphone dan tripod agar video yang anda buat tidak goyang dan enak di lihat dari sudut pandang penonton. Kemudian tentunya menyajikan konten yang menarik untuk dibagikan pada youtube.

Lalu apa saja konten video yang menarik untuk membuat video di youtube serta mudah dalam tahap pembuatannya, berikut kami rangkum untuk anda sebagai inspirasi apabila anda berniat untuk membuat video youtube di jalan yang benar dan tidak melakukan reupload yang melanggar hak cipta seseorang.


1# Video Tutorial Masak


Apabila anda seseorang yang hobi dengan memasak makanan, mungkin anda bisa mencoba membuat video youtube tentang memasak. Tidak harus professional seperti di televisi anda bisa mencontoh channel  Ms Yeah dari cina, dimana menceritakan tentang seorang wanita yang hobi memasak dikantor tempat dia bekerja.

Dengan bermodalkan kamera action cam atau kamera ponsel saja, anda sudah bisa membuat sebuah video tentang memasak apa saja yang sederhana yang penting mudah untuk di praktekan oleh orang banyak tentunya menarik untuk di tonton.

2# Video Tutorial Gaming


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Membuat video tutorial gaming untuk konten video youtube merupakan hal paling menyenangkan bagi para gamers. Karena selain hobi anda dalam bermain game tersalurkan, anda juga bisa mendapatkan penghasilan besar dari iklan adsense di youtube.

Lihat saja channel viano gaming dan tara arts, mereka hanya membuat video game yang sebenarnya tidak begitu pro dalam memainkan game tersebut, tapi mereka cukup menghibur penonton dengan aksi-aksi mereka dalam game yang lucu dan konyol.

Tapi apabila anda memang berniat untuk membuat channel youtube gaming, modal yang dikeluarkan juga cukup besar dimana anda harus memiliki perangkat PC dengan spesifikasi tinggi atau menggunakan console playstation. Tapi apabila anda tidak memiliki modal yang cukup, anda bisa mencoba membuat konten video gaming menggunakan ponsel yang anda miliki.

3# Video Edukasi 


Membuat video edukasi merupakan salah satu konten video yang cukup diminati. Dimana kini, YouTube bukanlah tepat berbagi video untuk hiburan saja. Namun juga menjadi sebuah media pembelajaran agar orang-orang mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Contoh video edukasi ada banyak, mulai dari edukasi pelajaran SD, SMP, hingga SMA. Atau bahkan video edukasi ilmu-ilmu matematika, sains, hingga sosial. Anda bisa membuat sebuah video praktik dari setiap pembelajaran yang ada.

Buatlah video yang tidak membuat jenuh penonton, namun buatlah video yang nampak unik dan berbeda agar penonton YouTube anda menjadi meningkat.


.

4# Video Youtubers 


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Membuat video youtubers memang gampang-gampang susah, karena anda harus membuat sebuah cerita tentang kehidupan anda sehari-hari. Tapi hilangkan mindset anda membuat video youtubers itu susah. Coba anda lihat channel youtube dari arya dega, menurut kami channel tersebut sangatlah sederhana hanya dalam proses pembuatannya saja yang menarik.

Yang terpenting adalah hilangkan rasa malu anda dalam berbicara di depan kamera dan buatlah sebuah konsep cerita yang menarik tentang keseharian anda dan kami sarankan untuk menggunakan kamera professional dengan kualitas audio suara yang bagus apabila ingin terjun di dunia youtubers.

Untuk potensi penonton dari sebuah video youtubers adalah bagaimana anda membuat sebuah kehidupan sehari-hari yang menarik saja. Entah menceritakan pekerjaan anda, atau keseharian anda. Bahkan lebih mudah apabila anda merupakan seseorang yang poluler di social media, karena dipastikan viewer youtube anda nantinya akan banyak dengan mudah.

5# Video Review Produk


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Sama dengan video youtubers, dimana dalam pembuatan video review ini diperukan visual dan audio suara yang bagus. Karena apabila anda menggunakan perangkat kamera dengan kualitas audio yang tidak memadai maka dipastikan video anda tidak ada yang menonton.

Dalam pembuatan video review sangatlah mudah cukup anda pelajari dengan baik barang yang anda review kelebihannya dan kekurangannya. Buatlah video dengan durasi cukup lama sekitar 14 menit, agar penonton youtube puas dengan hasil review anda.

Untuk barang yang bisa anda review mungkin anda bisa mencoba mengulas tentang produk makanan dan minuman seperti channel reza sadha. Bahkan apabila anda memiliki sebuah modal yang besar anda bisa mengulas tentang ponsel atau gedget yang sedang naik daun. Kemudian setelah anda review barang tersebut, anda bisa anda jual kembali untuk modal membeli barang selanjutnya untuk anda review kembali.

6# Video Blog


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Pembuatan konten video blog yang menarik sebenarnya sangatlah mudah, dimana anda hanya bermodalkan ponsel saja sudah dapat membuat sebuah konten youtube dengan mudah dan bebas dari banned. Tapi kesulitan untuk membuat video blog di youtube adalah, paling tidak anda harus membuat video blog dalam jumlah banyak mengingat viewer dari video blog sangat sedikit.

Anda bisa mencoba tema yang sedang hangat seperti berita tentang politik, artis, bahkan olahraga tapi konten yang anda sajikan wajib menggunakan video dengan lisensi creative commons. Atau anda bisa juga menyajikan tentang kesehatan, bisnis, atau cerita dengan ilustrasi-liustrasi yang bebas hak cipta agar channel yotube anda aman dari benned.

Gunakan suara yang tegas dan lantang seperti channel Calon Sarjana , dimana pada chaneel tersebut selalu menyajikan konten-konten menarik yang membuat anda betah untuk menyaksikan video tersebut.

7# Video Binatang



10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Membuat video binatang sangatlah mudah, apalagi bila anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Hanya bermodalkan kamera pada ponsel saja, rekamlah setiap momen tingkah laku binatang peliharaan anda, lalu edit dengan suara lucu.

Apabila anda tidak memiliki binatang peliharaan, mungkin anda bisa mencoba lakukan seperti channel Robin Seplut, dimana hanya membuat video sederhana yaitu memberikan kucing liar makanan sehingga menghasilkan viewer yang cukup banyak.

Atau anda bisa merekam setiap momen binatang hewan liar yang ada di sekitar anda untuk dijadikan bahan konten youtube dengan melakukan editing yang lucu dan unik. Untuk video tentang binatang di youtube, potensi untuk menjadi viral dan terkenal cukup besar. Karena peminat dari tayangan tentang binatang sangat banyak di cari oleh pemirsa penonton youtube.

8# Video Perjalanan Dan Wisata


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Hampir sama dengan video youtubers, dimana anda bisa membuat video tentang pengalaman anda mengunjungi tempat-tempat tertentu yang menarik. Tidak perlu jauh-jauh, mungkin anda bisa jalan-jalan di tempat menarik sekitar rumah anda atau seputaran kota tempat tinggal anda.

Cukup anda menggunakan kamera ponsel atau action cam untuk mereview tempat-tempat wisata atau menarik atau apabila anda memiliki modal yang cukup mungkin anda bisa menggunakan sebuah drone kamera untuk mengambil video udara di tempat-tempat menarik.

Kunci dari membuat video perjalanan yang sukses adalah bagimana anda menjelaskan dengan lengkap tentang tempat yang anda kunjungi, kuliner apa saja yang ada ditempat tersebut, dan bagaimana kondisi situasi sekitar tempat wisata terebut. Serta dipadukan dengan editing yang bagus dan background music keren maka viewer anda akan betah menyaksikan video anda.

9# Video Tutorial Apa Saja


10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Memiliki kemampuan di bidang tertentu jangan disimpan saja, apabila anda menginginkan sebuah penghasilan tambahan dari youtube, anda bisa membagi ilmu anda melalui youtube dengan gaya anda sendiri.

Mungkin anda bisa membagi tutorial bahasa asing, tutorial softwere komputer, tutorial perbaikan alat elektronik dan otomotif. Untuk wanita, anda bisa mencoba tutorial makeup, fashion, dan hijab. Dengan bermodalkan hanya kamera ponsel dan tripod anda sudah dapat membagi ilmu yang anda kuasai di video youtube.

Apabila anda tidak memiliki kemampuan yang lebih di bidang tertentu, anda bisa mempelajari tutorial-tutorial yang bisa anda temukan di youtube kemudain praktekan dan buat ulang videonya dengan gaya anda sendiri ditambah editing yang bagus agar video nampak berbeda.

10# Video Percobaan Sosial Atau Wawancara


Membuat video percobaan sosial  atau wawancara sosial membutuhkan pribadi yang sangat percaya diri dan tidak malu berkomunikasi dengan banyak orang. Sangat mudah membuat video percobaan sosial, cukup anda mewawancarai banyak orang untuk mendengarkan pendapat atau reaksi mereka terhadap sesuatu.

Resiko yang muncul apabila anda membuat video ini adalah dapat berpotensi membuat seseorang yang anda wawancarai tersinggung dan marah apabila anda membuat percobaan sosial yang sangat tidak lazim.

Untuk itu dalam pembuatan video percobaan sosial, anda bisa lebih kreatif dalam membuat konsep pertanyaan dan tidak malu bertanya dengan banyak orang menjadi pribadi yang menyenangkan bagi semua orang. Tapi apabila anda tidak mempunyai bakat dibidang ini, mungkin anda bisa mencoba niche youtube lainnya yang anda memang kuasain.

Tema Youtube Apa Yang Cocok Untuk Pemula di Youtube Agar Mendapatkan Viewer Yang Banyak

 

Terdapat 10 ide tema untuk membuat video youtube dengan tingkat pembuatan yang mudah, dan tidak perlu konsep yang banyak. Karena pebuatan video yang natural dan menarik berawal dari konsep yang tidak direncanakan sama sekali karena tergantung dengan kondisi dan situasi tempat anda membuat video tersebut.

10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah

Apabila anda baru di dunia youtube mungkin anda bisa mencoba membuat channel youtube tentang blog youtube dengan memanfaatkan gambar foto dan video creative commons agar tidak terkena copyright.

Kemudian apabila anda hobi dengan bermain game, manfaatkan hobi anda untuk mendapatkan penghasilan. Rekam semua aktifitas game anda, setelah itu edit video tersebut dengan menambah efek-efek lucu dan menarik.

Selanjutnya channel youtube yang bagus untuk pemula adalah editing lagu yang tidak terkenal di youtube, selain mudah dalam tahap pembuatan potensi viewer juga besar. Tapi tetap mencantumkan nama lagu dan penciptanya. Menurut kami 3 tema yang kami sebutkan diatas merupakan tema bagus untuk anda yang baru di dunia youtube.

Selain itu anda juga harus meperhatikan seo video youtube, yang harus anda pelajari agar video anda bisa menjadi nomor 1 pada youtube..


Apa Saja Yang di Butuhkan Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


10 ide tema youtube yang kami rangkum untuk anda merupakan kategori pembuatan video paling mudah dan bisa anda buat hanya dengan modal kamera ponsel anda. Walaupun hanya bermodalkan handphone anda sudah dapat membuat video original karya anda sendiri. Tapi apabila anda menginginkan sesuatu yang lebih baik lagi, pertimbangannya adalah membeli sebuah kamera professional dengan resolusi full HD adalah pilihan yang terbaik untuk terjun di dunia youtube.

Dengan mengeluarkan modal sekitar Rp 2.000.000,- anda bisa membeli kamera action cam atau kamera digital yang memiliki kualitas video terbaik. Jangan beranggapan bahwa untuk terjun di dunia youtube tanpa menggunakan modal sama sekali, karena kunci utama dari youtube adalah tampilan visual yang menarik.

10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah


Kemudian untuk tahap editing, agar anda mudah dalam membuat suatu video yang menarik anda bisa menggunakan softwere editing paling mudah yaitu viva video pada ponsel android atau ios anda. Tapi kami sarankan untuk bisa juga belajar melakukan editing menggunakan softwere professional yaitu adobe premiere atau vegas pro.

Demikian artikel tentang 10 ide tema youtube yang kami buat agar anda menemukan inspirasi untuk membuat chaneel youtube berkualitas. Akhir kata adalah, stop melakukan reupload karena melakukan hal tersebut sama saja mencuri konten orang lain, terima kasih.

2 komentar untuk "10 Ide Tema Untuk Membuat Video Youtube Dengan Mudah "

  1. Gila Banget Bikin Video Youtube Memusingkan Samai sampai saya Ga Dapat ide

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah sebenarnya untuk mendapatkan ide.. Apa yang mas gan suka atau ada bidang yang mas kuasai dengan baik.. tinggal itu saja dibuat videonya.. yang penting video original dengan kualitas HD

      Hapus