10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah

10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah - Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir 80 % penduduk Indonesia lebih suka menjadi PNS atau pegawai negeri sipil ketimbang menjalankan sebuah bisnis yang akan membuka lapangan pekerjaan.

10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah


Kebanyakan berpendapat bahwa, apabila jadi PNS maka anak sampai cucu pasti tejamin dari gaji dan juga jaminan kesehatannya. Walaupun yang kita tahu bahwa gaji PNS tidaklah besar, namun agar bisa menjadi CPNS maupun PNS tidaklah mudah.

Setiap tahun peminat menjadi CPNS sangat tinggi, dimana anda harus banyak bersaing dengan sarjana-sarjana baru yang datang dari berbagai daerah. Tentu peluang menjadi CPNS makin hari kian sulit. mengingat tidak sebanding lurus dengan formasi yang dibutuhkan.

Hal tersebut membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi tersebut untuk memperoleh keuntungan seperti misalnya.

  1. Menawarkan Joki Ujian CPNS
  2. Menawarkan Bocoran Soal Tes CPNS
  3. Menawarkan Bantuan Secara Online Dalam Tes CPNS
  4. Menawarkan Kursi CPNS Dengan Bayaran Tertentu 
Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi penipuan berkedok ingin masuk CPNS, karena itu anda perlu berhati-hati apabila terdapat orang-orang yang menawarkan sesuatu yang menggiurkan anda. Jangan pernah percaya kepada siapapun yang ingin mencoba membantu anda masuk menjadi CPNS dengan memberikan sejumlah uang.


Bagaimana Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah



Menjadi CPNS adalah impian dari setiap orang, terutama mahasiswa jurusan ilmu pemerintah. Dipastikan jutaan mahasiswa tersebut akan berlomba-lomba agar dapat diterima di lingkungan pemerintahan Indonesia.

Untuk itu kami ingin memberikan beberapa cara agar anda bisa mudah diterima menjadi CPNS, berdasarkan pengalaman seseorang yang menjalankan tes hanya sekali saja. Namun sudah langsung keterima CPNS di lingkungan pemerintah kota. Berikut cara agar bisa menjadi CPNS dengan mudah.

1# Memahami Soal Matematika Dengan Baik

Salah satu point penting agar bisa diterima menjadi CPNS adalah memahami soal matematika dengan baik. Dimana matematika sendiri merupakan mata pelajaran yang sangat sulit bagi sebagian orang. Tapi apabila anda malas mempelajari soal matematika ini, maka lebih baik anda mengubur mimpi anda menjadi CPNS.

Salah satu cara agar anda bisa mengerjakan soal matematika dan memahami dengan jelas matematika adalah mempelajari dengan baik model setiap soal yang akan muncul. Cukup anda membuat daftar model perhitungan saja, dan pelajari dengan baik setiap model yang ada.

Penting sekali agar anda berlatih soal matematika setiap hari, paling tidak mengerjakan 5 soal dengan jenis model perhitungan yang sama. Contohnya mengerjakan soal menghitung volume, maka pelajari sampai paham betul tentang soal menghitung volume sebelum anda mengerjakan model soal matematika yang lainnya.

2# Mahir Bahasa Inggris

Mahir berbahasa inggris merupakan hal yang mutlak agar bisa menjadi CPNS, paling tidak anda mengetahui struktur kata bahasa inggris dan memiliki sejumlah kosa kata bahasa inggris yang cukup banyak.

Sebenarnya tidak sulit mahir berbahasa inggris, karena setiap hari anda bisa belajar dengan cara melihat keadaan sekitar anda. Paling tidak, anda belajar bagaimana cara membuat kalimat bahasa inggris tentang situasi sekarang yang anda alami dimanapun anda berada.

Contohnya adalah, ketika anda sedang di pasar, maka anda bisa berfikir sejenak apa saja bahasa inggrisnya object-object di pasar tersebut. Atau, anda bisa belajar membuat karangan berupa bahasa inggris dengan memiliki panjang kata sampai 250 kalimat setiap harinya.

Paling mudah adalah menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang banyak tersedia di ponsel android maupun ios. Cukup anda menginstal dan belajar setiap hari agar mahir dalam berbahasa Inggris dan memahami struktur kata bahasa Inggris dengan baik.

3# Rajin Membaca Pengetahuan Umum

Salah satu materi soal penerimaan CPNS rata-rata mengeluarkan soal pengetahuan umum yang bisanya sangat sulit apabila anda tidak megetahui betul soal tersebut. Terkadang dalam menjawab soal tersebut dengan sembarangan saja, karena memang tidak mengetahui jawaban dari soal pengetahuan umum yang memang sulit apabila tidak tahudan tidak membaca.

Dalam soal pengetahuan umum rata-rata tidak bisa diprediksi soal apa yang akan keluar, tidak seperti tes soal matematika dan bahasa inggris yang bisa diperdiksi. Dalam soal pengetahuan umum, dimana menguji tingkat pengetahuan umum yang anda miliki.

Sehingga kunci sukses dalam mengerjakan tes pengetahuan umum ini terletak pada, rajin atau tidaknya anda membaca dan mengingat apa saja yang ada di Indonesia, dari nama bandara, nama gunung, kejadian bersejarah, nama-nama pahlawan, sejarah Indonesia, dan sejarah politik.

4# Paham Dengan Undang-Undang Dasar Negara

Salah satu hal yang paling membosankan adalah menghapal undang-undang dasar negara yang memang wajib anda mengerti dan pahami UUD tersebut apabila ingin menjadi seorang CPNS. Apalagi bila anda mendaftar di instansi pemerintahan dalam bidang hukum, maka anda harus paham betul tentang UUD negara Indonesia dengan baik.

Tidak sulit sebenarnya dalam memahami UUD negara Indonesia, karena dari anda sekolah pasti sudah mengenal UUD yang keluar dari setiap soal yang ada ketika masih dibangku sekolah. Bahkan bila anda berada di jurusan Ilmu Pemerintahan ketika kuliah, pasti sudah paham betul tentang UUD negara Indonesia.

Bagi anda yang tidak tahu tentang UUD negara Indonesia, apabila anda ingin menjadi PNS maka mulai dari sekarang anda wajib membeli buku saku UUD negara Indonesia dan anda baca setiap hari agar hapal paling tidak mengingat ketika ujian CPNS berlangsung.

5# Memiliki Kemampuan Berbicara Dengan Baik

Menjadi CPNS atau PNS berati anda menjadi pelayan masyarakat, karena tuntutan jadi CPNS diwajibkan agar memiliki kemampuan berbicara yang baik agar nantinya bisa melayani masyarakat banyak dengan baik dan sepenuh hati.

Mengkin ada sebagian instansi memberikan tes wawancara, untuk itu wajib agar anda mempersiapkan diri dalam belajar berbicara dengan baik. Dengan cara banyak berkomunikasi dengan orang yang lebih tua agar tutur kata anda tidak sembarangan.

Rajin berbicara di depan kaca, adalah solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara. Pastikan setiap berkomunikasi adalah pintar mendengarkan lawan bicara dan menanggapi dengan antusias lawan bicara anda. Lemparkan beberapa senyuman tulus, agar lawan bicara senang dengan anda.

6# Disiplin Dalam Hal Apapun

Untuk penerimaan CPNS pada era sekarang, dimana panitia penerimaan CPNS lebih memilih calon-calon pegawai negeri sipil yang lebih disiplin serta memiliki nilai akedemis yang baik. Untuk itu, apabila anda ingin menjadi seorang CPNS, wajib agar merubah sifat malas anda mulai dari sekarang.

Salah satu bentuk disiplin adalah mendafatar CPNS tepat waktu, Datang tepat waktu ketika ujian CPNS, wawancara kerja yang menunjukan anda memiliki sikap disiplin. Karena, salah satu penilaian penting dari penerimaan CPNS adalah seberapa disiplin kah anda.

Karena nantinya, ketika sudah memang menjadi CPNS. Anda harus melakukan banyak hal terkait kedisiplinan. Seperti rajin apel, rajin menyelesaikan pekerjaan, rajin melayani masyarakat, serta rajin dalam membangun bangsa Indonesia


7# Tulisan Tangan Yang Rapi

Memiliki tulisan yang rapi menjadi salah satu penilaian panitia dalam menerima pendaftar CPNS. Karena dengan tulisan tangan, akan terlihat jelas bagaimana pekerjaan seseorang tersebut. Apakah rapi atau berantakan.

Untuk itu, bagi anda yang memiliki tulisan tangan yang kurang rapi. Wajib untuk anda melakukan latihan dalam menulis yang rapi. Karena dengan tulisan tangan yang rapi serta mudah dibaca, Akan mudah diterima oleh panita dalam seleksi berkas surat lamaran.

Karena kebanyakan orang yang tidak dterima pada seleksi berkas, disebabkan tulisan tangan surat lamaran yang dibuat tidak rapi serta sulit dibaca. Apabila tulisan anda memang jelek, paling tidak anda menuliskan tulisan tangan anda secara rapi dan usahakan agar mudah dibaca saja.

8# Rajin Mengerjakan Tes Pisikotes Online

Pada zaman sekarang, media belajar sangat mudah ditemukan. Salah satu bentuk kemudahan yang bisa kita rasakan adalah, banyaknya aplikasi tes pisikotes online via ponsel maupun komputer yang sangat cocok digunakan untuk latihan.

Daripada anda banyak menghabiskan uang untuk membeli sebuah buku, lebih baik mencari soal-soal pisikotes di internet yang jumlahnya cukup banyak. Penting agar anda belajar menghemat uang anda untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

Untuk porsi belajar dalam mengerjakan tes pisikotes, usahakan agar anda belajar setiap hari agar hasil yang anda dapatkan cukup baik. Dengan mengerjakan setiap hari, anda akan hapal dengan bentuk soal apapun sehingga mempermudah anda dalam mengerjakan tes CPNS nantinya.

9# Menjadi Seorang Honorer

Salah satu cara agar bisa cepat menjadi CPNS adalah mencoba menjadi honorer di salah satu instansi. Selain bisa mendapatkan info penerimaan dengan cepat, seorang honorer lebih di prioritaskan agar bisa cepat menjadi CPNS.

Untuk daftar menjadi honorer, anda harus mengajukan surat lamaran di berbagai instansi yang membutuhkan. Kunjungi langsung pegawai instansi setempat yang membutuhkan tenaga honorer. Namun kelemahan menjadi honorer adalah gaji yang didapat tidak sebanding dengan apa yang anda kerjakan.

10# Doa Orang Tua Senjata Terbaik Ketika Ujian 

Mendapatkan restu dan doa orang tua merupakan sesuatu yang wajib anda dapatkan. Karena tanpa doa dari anda dan orang tua, cita-cita yang anda harapkan untuk menjadi CPNS bisa terwujud. Mintalah doa kepada orang tua anda yang masih hidup, karena doa orang tua lebih cepat terkabul untuk anaknya yang melaksanakan ujian CPNS.

Menjalankan tes CPNS dengan pendaftar yang hampir ribuan di setiap instansi merupakan bukti bahwa sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia. Untuk itu, jangan pernah sombong dengan apa yang sudah anda miliki atau sudah merasa pintar.

Untuk sikap, anda harus rendah diri serta percaya dengan takdir tuhan. Untuk itu kami sarankan agar selalu berusaha dan beribadah sesuai kepercayaan anda. Jangan pernah berhenti berdoa, dan meminta doa agar nantinya anda sukses diterima CPNS di instansi yang anda inginkan.

Pilih Menjadi CPNS Atau Berbisnis Membuka Lapangan Pekerjaan

 

Ironi memang penerimaan CPNS yang ada tidak sebanding dengan jumlah pendaftar. Dimana rata-rata setiap orang perbandingan dari yang diterima dan tidak lulus adalah 1:250 dimana satu orang harus mengalahkan 250 orang lainnya.
Kenyataannya memang orang Indonesia kebanyakan tidak memiliki mental pebisnis, dan hanya memiliki mental sebagai pekerja. Jadi tidak usah heran dengan melihat kondisi bahawa, kebanyakan orang kaya di Indonesia berasal dari luar negeri atau keturunan warga asing.

Menjadi CPNS merupakan impian dari mahasiswa Indonesia, dimana dengan menjadi CPNS maka jaminan hidup sudah didepan mata. Dan, bagaimana dengan menjadi seorang pebisnis. Dimana menjadi seorang pebisnis riskan terjadi resiko dan tidak adanya jaminan hidup.

Namun, menjadi seorang pebisnis apabila sukses maka uang dan waktu bukan lagi menjadi sebuah masalah. Karena dengan menjadi pebisnis yang sukses, anda akan memperoleh kebebasan waktu serta kebebasan finansial.

10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah

Berbeda dengan menjadi CPNS, dimana anda memang memiliki gaji yang standar serta bertahap setiap tahun agar bisa menjadi PNS resmi. Dimana anda, tidak memiliki kebebasan waktu karena terikat pekerjaan. Serta kebebasan uang, karena gaji PNS tidak seberapa.

Tidak ada yang salah menjadi seorang CPNS dan Pebisnis, yang membedakan hanyalah tujuannya saja. Jelas apabila anda ingin menjadi CPNS, artinya tujuan anda adalah membangun bangsa dan melayani masayarakat Indonesia kearah lebih baik. Apabila alasan anda hanya mencari aman, maka instansi yang menerima anda sudah salah memilih orang.

Dan tujuan berbisnis adalah memperoleh keuntungan, dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya. Apabila tujuan bisnis anda merugikan orang lain dan menipu banyak orang, maka selayaknya anda ditangkap oleh pihak berwajib atau mengalami kebangkrutan.

Jadi tidak ada yang salah dari pilihan anda, apakah anda ingin menjadi CPNS atau Pebisnis semua kembali ditangan anda. Yang penting adalah niat dan tujuannya seperti apa. Ingat hidup tidak hanya mecari aman tapi hidup juga merupakan perjuangan agar bisa menjadi orang berguna bagi masyarakat dan bangsa.

Semoga artikel ini bermanfaat, untuk anda yang ingin menjadi CPNS. Apabila ada pertanyaan bisa langsung komentar dibawah. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Agar Bisa Menjadi CPNS Dengan Mudah"