10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income - Membuat blog, merupakan salah satu cara untuk membangun sebuah aset di internet. Karena blog bisa menjadi sebuah pasif income, apabila blog yang dibuat memiliki jumlah pengunjung yang besar.

Membuat blog dari nol, sampai membuat blog itu sukses mendatangkan trafic ribuan memang diperlukan waktu dan perjuangan. Tidak mudah membuat blog sukses, apabila anda tidak membangun blog tersebut dengan modal yang anda miliki.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Salah satu modal utama adalah waktu, karena waktu merupakan modal untuk mencurahkan semua kemampuan di blog yang anda buat. Walaupun anda memiliki sejumlah uang, namun tetap saja anda memerlukan waktu agar blog yang anda bangun sukses.

Dan waktu yang diperlukan tidak sebentar, bisa bulanan bahkan tahunan agar dapat sukses. Dan semua tergantung dengan kekuatan artikel pada blog anda. Apabila artikel pada blog anda tidak berkualitas maka, siap-siap saja anda menunggu sesuatu yang tidak pasti.

Untuk itu, kami ingin membahas tentang cara investasi yang tepat untuk membangun blog yang tujuannya adalah agar mendapatkan pasif income secara terus menurus untuk anda. Cara ini tentu hanya bisa dilakukan bagi anda yang memiliki sejumlah modal besar dalam membangun blog.

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Membangun Blog Agar Dapat Menghasilkan Pasif Income


Membuat blog agar bisa menghasilkan pasif income tidak gratis, anda juga perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Dan kami akan merangkum apa saja yang perlu anda investasikan dalam membangun sebuah blog yang nantinya akan menjadi pasif income bagi anda.

1# Terjun Pada Niche Berita Atau Viral


Salah satu niche yang memiliki potensi trafic sampai dengan ribuan adalah niche berita atau viral, akan tetapi kelemahan dari niche ini adalah anda harus update setiap hari. Apabila anda sendirian mengurus blog dengan niche berita atau viral akan berpotensi membuat anda lelah dan jenuh.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Belajarlah dalam membuat tulisan ulang dari sebuah berita secara unik pada setiap pagi, dimana kunci keberhasilan dari niche berita dan viral adalah update konten pada pagi hari paling tidak 3 sampai 5 berita perharinya.

Selalu pantau berita-berita terbaru yang muncul, apabila terdapat berita terbaru dan potensi viral besar maka segeralah melakukan update konten, dan buatlah artikel dengan panjang kata sampai dengan 300 kata.

Apabila anda tidak mau repot membangun blog, mungkin bisa langsung membeli blog niche berita atau viral di forum maupun di grup facebook. Dimana rata-rata memiliki harga Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- tergantung jumlah trafic dan penghasilan adsense.

2# Menemukan Domain Expired Dengan DA & PA Tinggi


Salah satu cara paling cepat dalam meroketkan sebuah blog baru adalah, menggunakan domain yang telah expired. Dengan DA atau domain authority yang menunjukan tingkat kepercayaan domain dengan mesin pencari google, serta PA atau page authority yang menunjukan tingkat kepercayaan dengan sebuah halaman pada mesin pencari google.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Dengan mendapatkan domain yang sudah tua, atau sudah memiliki DA dan PA yang bagus maka, potensi agar capat melejit di mesin pencari google akan terbuka lebar. Apalagi bila anda akan terjun di niche berita atau viral yang dimana membutuhkan artikel update setiap harinya.

Cara menemukan domain expired dengan DA dan PA yang bagus anda harus menggunakan jasa seseorang dalam mengumpulakan data-data tentang domain yang sedang expired dan dapat anda pilih serta melakukan pembayaran.

Untuk biaya keseluruhan, dari domain berkualitas rata-rata memiliki harga diatas Rp 300.000,- dan untuk hosting bisa tergantung pilihan. Dan untuk membayar jasa orang yang mencarikan domain biasanya dibayar sebesar Rp 150.000,- sampai dengan Rp 200.000,- estimasi kasarnya.

3# Menemukan Penulis Yang Bisa di Bayar Bulanan


Kunci dari keberhasilan membangun proyek blog dengan niche berita atau viral adalah memiliki sejumlah penulis terbaik yang mampu melakukan update setiap hari. Karena, dengan update setiap hari maka trafic yang didapat juga bisa maksimal.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Temukan 2 sampai 3 penulis yang memiliki kemampuan menulis dengan baik dan cepat. Sebelum anda memilih penulis, ada baiknya anda melihat contoh tulisannya seperti apa. Sesuaikan kondisi konten yang akan di tampilkan pada blog anda.

Jangan paksakan penulis untuk membuat sesuatu hal yang tidak dikuasainya, misalnya penulis Heni tidak bisa membuat sebuah ulasan produk namun mampu membuat tulisan tentang kesehatan. Maka jangan dipaksa untuk membuat tulisan tentang ponsel, karena akan memperburuk dari konten yang anda sajikan di blog milik anda.

Jadi kenali memang siapa penulis anda, dan giring minat mereka ke tulisan artikel yang akan anda sajikan di blog anda. Untuk biayanya rata-rata dibayar per artikel yang biasanya bertarif Rp 6.000,- sampai dengan Rp 10.000,- tergantung panjang kata tulisan yang dibuat.

Sehingga biaya yang diperlukan setiap bulannya untuk update artikel setiap hari, misalnya per hari ditargetkan update sampai dengan 10 berita dengan tarif Rp 7.000,- maka biayanya Rp 70.000,- untuk sehari dan sebulan Rp. 700.000,- hanya untuk update artikel.

4# Mempunyai Social Admin Yang Mempromosikan Konten Setiap Saat


Social admin sama pentingnya dengan penulis konten, dimana tugas dari seorang social admin adalah memasarkan konten yang dibuat oleh penulis kepada pembaca. Dengan begitu, konten anda bisa di viral kan kemudian trafic akan berdatangan di blog anda.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Selain mempromosikan konten, social admin juga wajib untuk berinteraksi langsung dengan pembaca serta menambah jumlah pertemanan dan jumlah fans untuk blog anda, agar mudah untuk memasarkan konten baru setiap harinya.

Begitu penting peran dari social admin dalam menjaring trafic dan mempopulerkan konten. Rata-rata biaya yang dihasilkan untuk pekerjaan social admin tergantung dari kesepakatan dan negosiasi antara pemilik blog dengan social admin. Semakin bagus seseorang dalam memasarkan konten maka semakin mahal juga bayarannya. Dimana biayanya berkisar bisa sampai Rp 200.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,-. .

5# Menggunakan Jasa Backlink Secara Natural


Salah satu cara dari black hat SEO, namun masih bisa digunakan sampai dengan sekarang. Dimana dengan menggunakan jasa backlink secara natural, anda tidak repot lagi memikirkan lagi untuk mencari backlink. Karena cukup mengeluarkan modal saja sudah bisa mendapatkan backlink berkualitas.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Tapi bila anda tidak mau memikirkan backlink juga tidak masalah, karena untuk cara ini tidak harus dilakukan. Apalagi bila blog masih tergolong baru. Yang terpenting adalah seberapa banyak konten anda di share kembali oleh pembaca anda di social media ketimbang banyaknya backlink.

Untuk jasa backlink biaya yang harus anda keluarkan pada penyedia jasa sebesar Rp 300.000,- sampai Rp 600.000,- tergantung lagi kesepakatan dengan pemilik jasa. Pastikan untuk menargetkan keyword utama blog anda agar bisa dirangking oleh google dengan baik.

6# Menggunakan Jasa PBN Terbaik


Menggunakan blog PBN atau private blog network merupakan salah satu black hat SEO yang dilarang oleh google, namun hampir beberapa situs yang sudah besar masih menggunakan PBN yang tujuannya memang agar bisa tetap bertahan di halaman pertama di google.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Dimana PBN memberikan sejumlah link jouice kepada blog dan menaikan rangking dengan kata kunci tertentu. Menggunakan PBN artinya siap dengan segala kemungkinan terjadi, seperti tidak terindeks google dan menadapatkan google pinalti.

Untuk itu agar aman menggunakan PBN, gunakan jasa penyedia PBN yang memang terbukti berkualitas memberikan jasa pelayanan PBN terbaik. Biaya dari PBN berkisar Rp 600.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- tergantung dari seberapa banyak PBN yang anda gunakan.

7# Menggunakan Sejumlah Alat SEO untuk memantau tren


Menggunakan sejumlah alat SEO penting sekali untuk anda digunakan, terutama untuk memantau dan mendapatkan informasi update seputar tren dan analisa kompetitor. Bukan hanya itu, anda juga bisa menganalisa keyword, SEO dari blog yang anda buat, sampai dengan rekomondasi perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan performa dari blog yang anda buat.

Beberapa tool SEO yang kami rekomondasikan adalah :

  1. Ahrefs
  2. Semrush
  3. Alexa
  4. Long Tail Pro
Dari keempat tools ini sudah pernah kami coba yang paling lengkap dan mudah digunakan adalah ahrefs, dimana memberikan informasi jelas tentang keyword, analisa trafic organic, analisa kompetitor, backlink dan masih banyak lagi.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Untuk harga dari tool SEO rata-rata dijual dengan harga yang cukup mahal, namun apabila anda ingin mendapatkan dengan harga yang murah, terdapat penyedia jasa di forum ads.id dimana menjual akun trail yang bisa digunakan untuk beberapa hari dengan harga Rp 10.000,- sampai dengan Rp 20.000,-.

8# Beriklan di Facebook Ads


Salah satu cara agar artikel yang anda miliki bisa viral adalah beriklan di facebook ads, Dimana layanan program facebook ini menawarkan harga yang cukup murah untuk beriklan serta dapat memilih target tertentu sesuai kerteria yang anda inginkan dimana nantinya akan melihat iklan anda.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Berbeda dari layanan iklan google adwords, yang hanya menargetkan kata kunci tertentu. Facebook ads dapat anda atur iklan yang muncul disesuaikan dengan kebutuhan anda. Contohnya adalah anda memiliki berita viral tentang anak muda, maka data facebook ads yang bisa anda atur adalah umur dari yang melihat iklan anda, jenis kelamin, dan minat.

Dengan dapat diaturnya data tersebut maka, akan sangat mudah mempromosikan artikel anda hanya dengan sekali beriklan saja. Untuk biaya bervariasi tergantung bayaran yang anda pilih. Bisa dibayar per klik atau per tayang, yang rata-rata dngan harga Rp 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,-

9# Membuat Aplikasi Blog Anda Dengan Aplikasi Android Atau IOS


Memiliki sebuah aplikasi pembaca blog untuk di OS Android atau IOS, merupakan senjata utama agar bisa mendapatkan jumlah trafic yang fantastis. Karena dengan adanya aplikasi langsung dari ponsel maka akan mempermudah anda memasarkan konten yang anda miliki.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Buatlah aplikasi pembaca blog yang dibuat sederhana dimana yang tujuannya adalah memberikan kemudahan navigasi terhadap pengguna, serta memaksimalkan iklan admob yang muncul pada aplikasi tersebut. Contoh aplikasi seperti kaskus, babe, sampai aplikasi detik yang mana aplikasi tersebut selalu memberikan notifikasi pembaruan berita terhadap user yang menginstal di ponsel mereka.

Untuk harga aplikasi tersebut bervariasi anda bisa membuatnya sendiri dengan aplikasi gratisan namun apabila ingin berbayar bisa menggunakan jasa pembuat aplikasi yang rata-rata memakan biaya cukup mahal sekitar Rp 1.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,-, tergantung seberapa rumit dan bagus desain dari aplikasi tersebut.

10# Mengadakan Kontes SEO Atau Memberikan Giveaway Kepada Pengunjung


Salah satu cara paling mudah dalam mengingkatkan kepopuleran sebuah blog yang anda buat adalah membuat sebuah kontes SEO ataupun memberikan giveaway kepada pengunjung dengan memberikan timbal balik kepada anda. Solusi paling murah tapi memberikan dampak yang luar biasa adalah memberikan giveaway.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Misalnya adalah, anda memberikan giveaway berupa tas dan anda meminta kepada pengunjung untuk melakukan share salah satu artikel yang ada di blog anda, dan yang memiliki jumlah like terbanyak akan mendapatkan sebuah tas dari anda. Dipastikan hasilnya akan luar biasa, selain anda mendapatkan social signal yang besar, posisi blog anda juga akan meningkat di mata mesin pencari google.

Selain memberikan giveaway, mengadakan kontes SEO juga memberikan dampak yang signifikan terhadap rangking blog anda. Tapi diperlukannya biaya yang besar, namun sebanding hasil yang didapat.

Dalam kontes SEO, biasanya menargetkan kata kunci tertentu yang ingin anda rangking agar Blog anda populer. Dan untuk total biaya yang harus anda keluarkan bisa mencapai Rp 10.000.000,-, dimana biaya tersebut dibagi kepada pemenang yang sukses dalam kompetisi SEO yang anda adakan.

Berapa Total Biaya Yang di Perlukan Dalam Invistasi Pada Blog Agar Menghasilkan Pasif Income


Setelah anda mengetahui gambaran biaya yang diperlukan dalam membuat blog professional dan menghasilkan pasif income, dimana keuntungan yang didapatkan bisa mencapai jutaan perbulan apabila memperoleh trafic yang luar biasa besar.

Totalan rincian biaya yang harus anda keluarkan dalam membuat blog dengan biaya minim kami rangkum untuk anda pada rincian dibawah ini.

  • Biaya Hosting Paket Bisnis / bulan Rp 82.000,-
  • Biaya Domain  Rp 13.000,-
  • Biaya Penulis Minimal 2 Orang kontrak 200 Konten / bulan Rp 1.600.000,-
  • Biaya Admin Social 1 Orang / Bulan Rp 200.000,-
  • Biaya Jasa Backlink / Bulan Rp 400.000,-
  • Biaya Jasa PBN / Bulan Rp 300.000,-
  • Biaya Alat SEO / Bulan Rp. 50.000,-
  • Biaya Iklan Facebook Ads / Bulan Rp 1.000.000,-
  • Biaya Pembuatan Aplikasi Ponsel  Rp 125.000,- ( harga aplikasi dibagi 12 bulan )
  • Biaya Giveaway Setiap Bulan Rp 300.000,-
Total biaya yang anda keluarkan hanya untuk 1 blog dalam waktu satu bulan adalah sebesar Rp. 4.070.000,- dimana merupakan hitungan perkiraan diluar biaya lainnya.

Dan untuk keuntungan yang didapat dari pendapatan iklan Adsense dan Admob dengan perkiraan trafic 5000 / hari dengan jumlah klik 10 % dari trafic sekitar 500 klik yang didapat, perkiraan pendapatan dari 500 dikalikan jumlah BPK rata-rata Rp 500 s/d Rp 2000 sekitar Rp 500.000,- sehari untuk sebulan sebesar Rp 15.000.000,-

Sehingga keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa bekisar Rp 10.000.000,- / bulan tergantung dari jumlah trafic dan nilai harga iklan yang muncul pada blog dan aplikasi blog anda. Namun, untuk mendapatkan trafic yang tinggi diperlukanya penyajian konten terbaik untuk pengunjung dan bukan berita hoax yang berujung kerugian.

Biaya diatas sewaktu-waktu bisa berubah, anda bisa membuat strategi dalam mengatur keuangan dengan baik, agar biaya yang dikeluarkan bisa serendah mungkin. Dengan melihat grafik adsense apakah menunjukan kerugian atau laba, anda harus bertindak cepat dan mencari solusi agar trafic selalu berada di atas target yang anda inginkan.

10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income


Dengan membangun sebuah blog yang memiliki sistem sendiri, dimana terdapat admin social yang mempromosikan konten, terdapat beberapa orang yang membuatkan konten per harinya, dan beberapa orang lainnya bekerja untuk mengoptimasi blog anda. Maka dapat disimpulkan bahwa anda membangun sistem dan membangun pasif income dimana blog anda bekerja menghasilkan uang untuk anda.

Demikian artikel yang kami buat, berdasarkan pengalaman dan ilmu yang kami dapat dari para pakar yang ahli, dan disampaikan secara jelas untuk anda semoga bermanfaat apabila anda ingin membangun blog professional yang bisa mendapatkan pasif income untuk anda.

Posting Komentar untuk "10 Cara Investasi Pada Blog Agar Pasif Income"