10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula - Kebanyakan orang dalam membuat postingan pada blog, terkadang lupa untuk melakukan optimasi SEO on page pada postingan tersebut. Hal ini disebabkan oleh penyakit akut manusia yang bernama "Lupa".

Padahal, optimasi SEO On Page sangat penting sekali untuk dilakukan agar tulisan anda pada blog dapat dibaca dengan baik oleh algoritma mesin pencari google yang sangat kompleks dan berubah setiap saat.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Apalagi persaingan dalam pembuatan konten blog sangat ketat, karena setiap harinya ada ratusan artikel yang terbit dengan tulisan yang hampir sama serta judul yang sama. Untuk itu, melakukan optimasi SEO on page merupakan satu-satunya cara agar artikel anda dapat bersaing di mesin pencari google.

Namun penting sekali agar sebelum anda membuat artikel untuk blog anda, agar memeriksa kembali keyword artikel yang anda buat. Apakah memiliki tingkat persaingan yang rendah namun tingkat pencarian tinggi, atau sebaliknya.

Apabila setelah anda periksa keyword tersebut dirasa berat, lebih baik anda jangan membuang waktu di keyword tersebut. Carilah keyword dengan persaingan rendah, namun jumlah volume pencarian tinggi minimal diatas 1000.

Gunakan aplikasi gratis KWfinder, agar anda bisa meriset keyword dan menganalisa kompetisi. Apabila anda mempunyai sedikit modal, belilah akun ahrefs yang banyak dijual pada forum ads.id. Tool SEO ahrefs sangat berguna untuk anda meriset keyword lebih dalam dan lebih lengkap, agar anda tidak salah langkah dalam membuat artikel.

Apa Saja Optimasi SEO On Page Yang Paling Mudah di Lakukan


Setelah anda meriset keyword dengan baik, anda berada satu langkah lebih maju daripada kompetitor anda. Karena, kebanyakan para blogger adalah tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu dan cenderung langsung membuat artikel sesuai keinginannya. Dan berikut optimasi SEO on page yang kami rangkum untuk anda pelajari dan lakukan setiap anda membuat sebuah artikel untuk blog anda.

1# Membuat Judul Artikel 40 Karakter Dengan Mengandung Keyword Yang di Terget

Membuat sebuah judul singkat dan menarik merupakan senjata utama artikel anda untuk mendatangkan pengunjung blog. Dengan judul yang singkat hanya 40 karakter, maka judul anda akan terlihat menarik dan tidak terpotong di mesin pencari google.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Beda dengan situs hipwe, yang rata-rata menggunakan judul yang panjang. Anda jangan meniru hal tersebut, karena judul yang panjang untuk sebuah blog baru sangat riskan tidak mendapatkan klik di mesin pencari google, karena tulisan judul yang tidak terlihat sempurna.

Buatlah judul artikel yang singkat seperti menggunakan angka, kata-kata yang mengandung ajakan. Yang penting adalah tetap mengandung keyword yang anda targetkan. Contoh, apabila target anda "tempat memancing" maka judul yang pas adalah "10 Tempat Memancing Paling Indah di Bandung".

Atau contoh lain ketika anda menargetkan kata kunci "pengertian investasi" maka judul singkat yang mengandung ajakan yaitu  " 5 Pengertian Investasi Yang Wajib Anda Ketahui" . Penting sekali agar membuat judul yang berbeda dari artikel yang sudah ada.

2# Paragraf Utama Mengandung Keyword Yang di Target

Terkadang dalam pembuatan paragraf pertama dalam sebuah blog terkesan asal-asalan dan hanya membuat kalimat pembuka basa-basi yang tidak ramah mesin pencari. Padahal, kunci utama dari keberhasilan artikel agar dapat bertahan di top 10 mesin mencari terletak pada paragraf utama.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Untuk itu dalam membuat paragraf utama, wajib sekali agar mengandung keyword yang di target, karena algoritma mesin pencari google membaca paragraf utama dari artikel yang anda buat. Sehingga, keyword utama yang anda targetkan mudah untuk di rangking oleh google sesuai pencarian yang terjadi.

Selain megandung keyword yang anda targetkan, paragraf utama juga harus anda buat sebaik mungkin dan tidak asal-asalan. Dimana dalam paragraf utama, anda harus menceritakan tentang masalah dari artikel yang anda buat.

Terdapat 2 metode penempatan keyword utama, yaitu penempatan keyword langsung yang sama dengan judul dan penempatan keyword secara natural yang sama juga dengan judul. Contohnya adalah, Keyword yang anda targetkan adalah " Tempat Memancing" dan paragraf utama yang anda buat seperti ini :

  • Penempatan Keyword Langsung Dengan Judul Artikel di Awal Paragraf

" 10 Tempat Memancing Paling Indah di Bandung - Tempat memancing di Bandung semakin kedepan semakin tergusur, semakin padatnya dan bertambahnya penduduk membuat lahan areal pemancingan dijadikan tempat tinggal. Sudah jarang terlihat tempat-tempat pemancingan yang indah dan menarik di kota Bandung"

  • Penempatan Keyword Secara Natural Sama Dengan Judul Artikel

" Tampat Memancing di kota Bandung sudah jarang kita temui di sudut-sudut kota, dimana tempat pemancingan rata-rata sudah dijadikan areal perumahan. Namun masih terdapat 10 tempat pemancingan paling indah di bandung yang bisa anda temukan, walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

3# Membuat Subheading Dengan Mengandung Keyword Turunan

Sebuah judul tambahan pada artikel, memberikan daya tarik terhadap pembaca yang datang mengunjungi blog anda. Karena dengan adanya subheading atau judul tambahan yang ada di badan artikel, akan membantu pengunjungi memahami pokok bahasan artikel yang anda buat.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Penting sekali membuat subheading pada artikel, karena selain untuk memberikan kenyamanan dalam membaca blog anda, subheading juga berpengaruh terhadap SEO. Dimana penambahan subheading pada artikel akan memancing munculnya keyword turunan di mesin pencari google.

Membuat subheading merupakan salah satu SEO on page yang harus anda optimasi. Buatlah subheading yang mengandung keyword turunan. Misalnya adalah, keyword utama anda adalah " Tempat Memancing" maka keyword turunan "Umpan Pancingan Terbaik Untuk Memancing".

Letakan subheading untuk membahas artikel baru atau artikel lanjutan agar artikel yang anda buat panjang dan berisi. Tentu membuat artikel yang anda buat di rangking secara cepat oleh mesin pencari google.

Buatlah artikel tambahan tersebut dengan kualitas maksimal, agar menambah informasi berguna untuk pengunjung blog anda. Tentu akan berdampak artikel anda yang akan di rangking no 1 oleh google, karena memberikan informasi paling lengkap dari artikel lainnya.

4# Membuat URL Artikel Mengandung Keyword Utama

Pembuatan URL pada blog kadang banyak dilupakan oleh para blogger, dimana tidak mempedulikan URL permanen yang muncul nantinya di blog. Padahal pembuatan URL alamat blog yang mengandung keyword utama, merupakan salah satu optimasi SEO on page yang harus anda lakukan.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Gunakan URL yang singkat dan mengandung keyword utama yang anda targetkan, misalnya kata kunci utama anda "tempat memancing" maka URL yang harus anda buat adalah "http : //www.mancingbandung.com/2017/07/tempat-memancing-di-bandung " Ini contoh pembuatan URL pada blogspot.

Cukup mudah membuat URL ini di blog wordpress dan juga blogspot. Yang perlu anda perhatikan adalah, jangan sampai lupa untuk mengganti URL tersebut. Karena, apabila anda sudah lupa mengganti maka URL tersebut akan permanen dan tidak bisa diganti lagi.

5# Terdapat Penjelasan Deskripsi Pencarian Dengan Keyword Utama Serta Menarik di Baca

Membuat deskripsi dari artikel merupakan hal yang wajib agar artikel anda mudah terindex oleh google. Selain itu, deskripsi pencarian yang bagus dan informatif akan membuat pengunjung menemukan artikel yang sesuai dengan keinginan pengunjung.


10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula

Tentu adanya deskripsi pada artikel juga dapat mendatangkan visitor organic dari mesin pencari google. Untuk itu dalam pembuatan deskripsi ini tidak boleh asal-asalan dan hanya mencantumkan kata kunci saja.

Buatlah deskripsi pencarian pada artikel anda dengan 140 suku kata, dan dibuat seinformatif mungkin agar pengunjung dapat tertarik ketika lagi mencari sebuah artikel di google. Karena selain judul, deskripsi pencarian pada artikel akan muncul di mesin pencari googel.

Apabila anda tidak menuliskan deskripsi pencarian, maka yang terjadi adalah artikel anda sulit di rangking serta sulit untuk ditemukan oleh pengunjung secara organic. Karena tidak adanya deskripsi yang relevan antara artikel blog anda dengan apa yang di cari oleh visitor.

6# Penambahan Atribut ALT Pada Setiap Gambar Mengandung Tulisan Judul Artikel

Adanya gambar pada artikel blog memberikan warna tersendiri di artikel anda. Karena jelas lebih menarik adanya sebuah gambar dan ilustrasi ketimbang hanya mengandalkan tulisan saja. Apalagi bila blog anda bertemakan tentang ulasan sebuah produk, dimana wajib menambahkan gambar agar pengunjung paham dengan tulisan anda.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Tapi kebanyakan blogger, hanya menambahkan gambar tapi tidak ditambah atribut ALT pada gambar tersebut. Padahal, penambahan atribut ALT pada gambar di blog membuat gambar anda mudah terindexs dengan baik di mesin pencari berdasarkan keyword yang anda targetkan.

Salah satu sumber trafic organic yang besar adalah adanya gambar yang unik yang anda pasang di blog anda. Jadi apabila anda membuat blog bertemakan tentang fotografi atau mengulas produk, lebih baik menggunakan gambar original yang belum pernah di upload. Tujuannya agar artikel anda bisa ditemukan dari pencarian gambar google.

Apabila anda lupa menambahkan atribut ALT pada blog anda, cukup anda edit saja artikel anda. Lakukan optimasi SEO on page ini di setiap gambar yang ada di blog anda. Jangan lupa untuk memberikan watermark pada gambar original yang anda upload agar tidak dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

7# Buatlah Artikel Dengan Panjang Minimal 400 Kata Yang Bermanfaat Bagi Pengunjung

Pada point ke 7 ini membuat sebuah artikel panjang minimal 400 kata dan mengandung manfaat bagi pengunjung adalah jantung dari SEO on page yang harus anda lakukan. Karena, sebagus apapun optimasi yang anda lakukan apabila artikel yang anda buat tidak berbobot maka sia-sia saja apa yang anda lakukan dalam optimasi SEO on page.

10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Salah satu cara dalam membuat artikel yang bagus adalah, meneliti dan menganalisa dengan baik materi artikel yang nantinya akan anda tulis. Metode yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan beberapa data, dari wawancara atau meneliti langsung dengan data yang ada.

Jangan pernah berfikir untuk membuat artikel copy-paste, karena hal tersebut merupakan tindakan pencurian dan membuat blog yang anda buat buruk di mata mesin pencari google. Buatlah artikel terbaik anda dengan panjang kata lebih dari 1000 kalimat dengan kualitas paling bagus agar dapat bertahan lama di halaman pertama mesin pencari google.

8# Bangun Internal Link Yang Baik Pada Artikel Yang di Buat

Setelah membuat artikel berbobot, hal selanjutnya adalah membuat artikel pendukung dengan terhubung internal link menuju artikel yang relevan. Hal ini bertujuan agar memperluas jaringan artikel blog, dan membuat tingkat kepuasan dan waktu pengunjung atau bonce rate menurun sampai dengan 50 %.


10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Semakin lama penggunjung blog anda membaca artikel anda, maka tingkat kepuasan dari artikel yang anda buat semakin baik. Hal ini berpengaruh kepada rangking mesin pencari google yang mengukur dari tingkat bonce rate, sehingga lebih memprioritaskan artikel yang memiliki bonce rate rendah daripada tingkat bonce rate yang tinggi.

Untuk itu dalam membuat internal link tidak boleh asal-asalan, dan artikel yang di link tidak sesuai. Lebih baik agar dalam pembuatan artikel lebih di konsep lagi. Contohnya adalah :

Artikel Utama : 10 Tempat Memancing Paling Indah di Bandung
Artikel Pendukung 1 : Review Pemancingan di Daerah Cingised
Artikel Pendukung 2 : Review Pemancingan di Daerah Lembang
Artikel Penduking 3 : Review Pemancingan Daerah Pusat Kota Bandung
Artikel Pendukung 4  : Review Pemancingan Daerah Cimahi

Buatlah 5 artikel seperti contoh diatas yang saling terkait satu sama lain, sehingga anda bisa menghubungkan artikel tersebut diatas dengan internal link yang anda buat. Hal ini akan menurunkan tingkat bonce rate karena pengunjung mudah melakukan navigasi pada artikel blog anda.

9# Lakukan Kompres Gambar Pada Blog Anda

Setelah membuat artikel yang berkualitas, saatnya untuk memperhatikan jumlah ukuran dari data gambar yang anda upload pada blog anda. Semakin rendah ukuran data dari gambar untuk blog anda maka, semakin baik dan ringan untuk di buka pada browser pengunjung blog anda.


10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula

Karena menambahkan beberapa gambar di artikel blog anda akan membuat blog menjadi lebih berwarna. Namun apabila ukuran dari gambar tersebut cukup besar, akan memperlambat loading pada browser pengunjung blog anda.

Hal ini membuat anda kehilangan pengunjung potensial, dan menaikan bonce rate serta menurunkan posisi rangking pada google. Hanya gara-gara gambar karena ukurannya yang besar membuat pelanggan tidak bisa membukanya.

Untuk itu, sebelum melakukan upload gambar di artikel blog, pastikan ukuran gambar dibawah 250 Kb. Atau ukuran yang ideal adalah setegah dari ukuran data aslinya. Agar blog anda semakin cepat dibuka maka akan menurunkan bonce rate yang berpengaruh pada posisi rangking blog anda di mesin pencari google.

10# Gunakan Template Yang Cepat Dan Mobile Friendly

Salah satu penilaian google terhadap SEO on page yang kita optimasi adalah, memiliki halaman yang cepat untuk di loading oleh pengguna. Jelas bahwa kenyamanan user terhadap halaman blog yang kita buat sangat berpengaruh terhadap posisi rangking dari keyword yang kita targetkan.
10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula

Jujur saja kami mengakui bahwa, percuma saja memiliki sebuah konten yang bagus, namun tampilan blog yang anda buat tidak menarik serta belum suport mobile friendly. Paling tidak, kecepatan dari template yang anda gunakan memenuhi standar google.

Tingkatkan terus performa dari template yang anda pilih dengan memperbaiki pelan-pelan coding java script atau CSS yang membuat template anda lambat. Luangkan waktu agar bisa memperbaiki template yang anda gunakan.

Apabila tidak ada perubahan dan dirasa template yang anda gunakan tidak seusuai yang google inginkan, segera ganti walaupun anda suka dengan tampilan templates tersebut. Gunakan template premium agar tampilan blog anda ringan dan mudah di rangking oleh google.

Faktor Penentu Keberhasilan SEO On Page Pada Sebuah Blog


SEO atau Search Engine Optimization dilakukan agar artikel yang anda buat mudah di kenali dan cepat rangking oleh google. Untuk itu, faktor keberhasilan dari SEO on page yang sudah anda lakukan adalah terletak pada kualitas konten itu sendiri.


10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula


Kualitas konten pada SEO moderen terletak pada seberapa baiknya anda menyajikan sebuah konten berkualitas bagi pembaca. Apabila konten anda berkualitas maka, akan sangat mudah di rangking oleh google.

Mesin pencari google akan sangat senang apabila sebuah konten terbaik berada di nomor satu pada halaman pertama dengan keyword tertentu. Hal ini disebabkan, salah satu komitmen google adalah memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna mesin pencari google.

Untuk itu, pembuatan konten pada blog harus anda benahi kembali. Dan yang perlu anda perbaiki dalam pembuatan konten diantaranya adalah : 
  • Apakah Konten Yang Anda Buat Sudah Lengkap?
  • Apakah Konten Yang Anda Buat Berdasarkan Sumber Terpercaya?
  • Apakah Konten Yang Anda Buat Memiliki Ilustrasi Gambar Yang Menarik? 
Cukup 3 hal diatas yang menjadi acuan anda dalam membuat konten yang berkualitas bagi pengunjung, diantaranya adalah sesuatu artikel yang lengkap memberikan kepuasan no 1 untuk pengunjung. 

Lalu dengan sumber terpercaya akan meningkatkan kepercayaan artikel anda terhadap mesin pencari google. Ditambah dengan penambahan gambar yang menarik, akan membuat konten anda semakin berkualitas.

Demikian artikel 10 cara SEO on page paling mudah untuk pemula, semoga bermanfaat untuk anda yang baru memulia membuat sebuah blog. Apabila terdapat pertanyaan bisa langsung komentar di kolom dibawah ini, terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara SEO On Page Paling Mudah Untuk Pemula"