10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online

10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online - Social media merupakan salah satu alat paling bagus untuk sarana promosi terbaik saat ini. Salah satu social media yang terbaik adalah Instagram, yang dimana telah di akusisi oleh Facebook dan sudah aktif sejak tahun 2010 serta memiliki 45 juta pengguna aktif hanya di Indonesia saja.

10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online


Sangat sayang sekali apabila anda pemilik dari usaha maupun bisnis tidak memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi anda dalam penjualan barang maupun jasa. Bahkan dalam pencarian pelanggan tertarget juga sangat mudah dengan Instagram. Untuk itu sangat kami sarankan agar anda segera membuat sebuah akun Instagram yang akan membuat usaha dan bisnis anda semakin terkenal di kota anda.

Beberapa Manfaat Dan Cara Menggunakan Instagram Untuk Keperluan Bisnis


Kami akan membahas manfaat dan cara menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis, yang nantinya akan membantu anda dalam meningkatkan penjualan barang dan jasa dari usaha bisnis anda. Dimana kami rangkum khusus untuk anda secara ekslusif.

1# Instagram Memperkenalkan Secara Lugas Bisnis Dan Usaha Anda

 
10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online
Informasi jelas pada Bio Pada Instagram


Pada bagian BIO atau tampilan utama branda Instagram anda, disitu merupakn tempat anda menaruh identitas anda secara jelas. Jadi, usahakan agar mengisi data Bio dengan singkat dan jelas tidak banyak emoticon yang tidak penting.

Dengan memiliki Bagian Bio yang baik, akan memberikan kesan pertama yang baik kepada pelanggan. Selain itu anda juga harus menggunakan foto profil dengan gambar yang unik agar menambah kesan professional di mata pelanggan.

2# Instagram Memudahkan Anda Menemukan Pelanggan Anda

Manfaat terbesar dari menggunakan instagram untuk bisnis adalah, menemukan banyak orang yang berminat dengan usaha anda. Tidak banyak orang yang tau dengan hal ini karena memang banyak orang menggunakan instagram hanya untuk hiburan semata.

Salah satu fitur terbaiknya adalah adanya pencarian hastag, dimana anda bisa menemukan banyak orang yang menggunakan hastag tertentu yang biasanya mengaitkan pada foto tertentu yang berhubungan dengan hastag tersebut.

3# Instagram Tempat Anda Memamerkan Konten Terbaik Anda

Instagram merupakan etelase gratis yang bisa anda manfaatkan untuk memamerkan konten terbaik anda. Mulai dari barang yang anda jual, sampai dengan info-info barang yang nantinya datang dan dijual di tempat anda.

10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online
Memamerkan Konten Terbaru Dengan Mudah


Ingat bahwa, menyusun etalase konten harus rapi dan tidak asal-asal posting saja. Agar calon pembeli anda akan mudah melihat-lihat postingan anda. Dan jangan terlalu kaku dengan memposting barang jualan anda. Mungkin sesekali anda memposting sesuatu yang lucu atau menggemaskan. Seperti foto kucing anda menggunakan produk yang anda jual, atau foto anak anda.

4# Instagram Tempat Anda Berkomunikasi Secara Aktif Kepada Pelanggan Anda

Adanya fasilitas Direct Messaging sangat memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda atau rekan bisnis anda. Ditambah lagi, foto pada tampilan instagram bisa di kirim juga melalui pesan Direct Messaging pada instagram. Jadi lebih memudahkan anda berkomentar di foto yang menjadi pertanyaan pelanggan anda.

Kami sarankan agar anda selalu aktif melayani pelanggan, dalam melayani berbagai DM atau Direct Messaging yang memang sering muncul ketika bisnis anda sudah mulai berkembang. Serta membalas kolom komentar dengan bijak.

5# Instagram Tempat Anda Menawarkan Promosi Terbatas Kepada Pelanggan

Dengan menggunakan instagram anda bisa menawarkan promosi terbatas kepada pelanggan, seperti adanya info diskon atau giveaway. Dan pertanyaannya kenapa harus instagram untuk menawarkan promosi. Karena adanya fasilitas yang menarik yaitu video stories,  dimana anda bisa memanfaatkan video stores dan memberitahu kepada pelanggan anda bahwa adanya diskon atau hal menarik lainnya.

Jangan gunakan postingan gambar pada instagram untuk memberikan sesuatu, tapi gunakan dengan baik video stories tersebut. Karena video stories lebih menarik untuk dilihat oleh pelanggan, dan anda juga bisa live mempromosikan barang atau memberikan info promosi tertentu dengan mudah dan cepat.

6# Instagarm Tempat Promosi Website Terbaik

Memiliki bisnis online artinya anda memiliki sebuah website. Dan tentu anda juga menginginkan website anda ramai banyak visitor. Memanfaatkan instagram dalam mempromosikan website juga bisa anda lakukan dengan menaruh link aktif di bagian Bio profile.

10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online


Untuk itu pastikan anda menaruh link webiste anda dibagian bio profile, serta anda bisa langsung mengetikan alamat halaman website anda di setiap postingan. Walaupun bukan link aktif, paling tidak adanya usaha branding yang membuat pelanggan anda tau bahwa anda memiliki website.

7# Instagram Tempat Sarana Iklan Terbaik

Anda pasti pernah melihat selebgram mempromosikan instagram tertentu pada postingan instagram mereka atau juga melalui DM mereka. Tentu hal tersebut juga bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan instagram anda serta meningkatkan jumlah follower.

Dengan berkerja sama dengan banyak selebgram, anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan yang memang tertarik dengan bisnis anda melalui instagram. Walaupun rata-rata harga endros pada akun instagram mahal, tapi sebanding dengan apa yang nantinya akan anda dapatkan.

Selain endros pada selebgram, anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar dari instagram langsung. Mulai dari iklan gambar yang muncul pada beranda calon pelanggan sampai dengan video yang muncul pada DM instagram.

Untuk iklan, disesuaikan dengan barang yang anda jual. Contoh anda menjual produk laki-laki maka anda bisa memasang iklan di akun instagram dengan jumlah peminat laki-lakinya cukup banyak. Begitu juga produk wanita, anda juga harus teliti dan hato-hati dengan baik untuk memasang sebuah iklan.

8# Instagram Tempat Anda Bekerjasama Dengan Orang Lain

Memanfaatkan instagram bukan hanya untuk mempromosikan bisnis atau menemukan pelanggan saja. Tapi juga bisa anda manfaatkan untuk mencari rekan bisnis dan menawarkan kerjasama. Contohnya anda memiliki bisnis jualan baju kaos, anda menemukan instagram penjual kaos yang unik. Tentu anda bisa mengajak kerja sama untuk memperluas jaringan bisnis anda.

Jangan menganggap pebisnis yang anda temukan di instagram adalah competitor anda, tapi anggaplah mereka merupakan teman anda yang bisa anda ajak kerja sama. Seperti membeli barang mereka dan menjual kembali atau menawarkan barang anda dengan harga khusus. Komunikasikan terus dengan mereka agar terciptanya hubungan baik yang mengarah pada keuntungan untuk anda.

9# Instagram Tempat Testimonial Terbaik di Bisnis Online 

Testimonial merupakan salah satu senjata utama untuk kelancaran bisnis anda, karena dengan adanya testimonial artinya adalah adanya orang yang merasa puas dengan pelayanan bisnis anda serta memberikan feedback positif yang membuat bisnis anda mendapatkan kepercayaan lebih.

Karena dalam bisnis, kepercayaan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hal apapun. Percuma anda memiliki barang yang bagus dan harganya murah, tapi calon pelanggan anda tidak percaya dengan bisnis anda.

Untuk itu, pastikan anda meminta testimonial dan feedback ketika transaksi bisnis anda selesai dengan pelanggan anda.  Jangan juga memaksa namun hanya diingatkan saja, karena apabila memang pelanggan anda puas dengan pelayanan anda. Maka dengan mudahnya mereka akan memberikan testimonial atau feedback dengan tulus.

10# Instagram Sumber Menemukan Inspirasi

Menemukan inspirasi untuk kemajuan bisnis sangat diperlukan agar bisnis yang anda jalankan dapat berkembang dengan baik. Dimana dengan memanfaatkan instagram anda bisa memperoleh informasi update seputar bisnis anda. Contohnya anda bisa mengetahui barang-barang apa yang sedang di cari orang. Atau adanya produk baru yang muncul dan ramai diperbincangkan di luar negeri.

Salah satu cara agar menemukan inspirasi baru adalah melihat instagram-instagram orang yang sudah terkenal. Dan melihat apa yang mereka pamerkan di postingan tersebut. Contohnya anda merupakan pebisnis aksesoris, maka anda bisa melihat instagram artis aksesoris apa yang mereka gunakan.

Atau contoh lain, anda merupakan pebisnis suatu barang. Anda bisa melihat barang tersebut lagi ramai diperbincangkan atau tidak dengan melihat kolom komentar. Dan anda bisa juga mencari barang yang sedang populer dengan melihat pada kolom komentar apa yang sedang ramai diperbicangkan. Dan disitulah anda memanfaatkan instagram untuk kemajuan bisnis anda, dan terus mengikuti perkembangan yang ada.


Instagram Vs Facebook Mana Yang Terbaik Untuk Bisnis


10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online

Boleh dibilang kedua social media Insatgram dan Facebook sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi dari segi kepopuleran facebook lebih unggul dari instagram, namun facebook memiliki kelemahan yaitu tampilannya yang terlihat ribet serta tidak simple.

Berbeda dengan instagram yang sangat terlihat simple dan tidak membingungkan, tapi kelemahan instagram yaitu tidak bisa memposting gambar dengan live link website untuk mempromosikan website anda. Berbeda dengan facebook, anda bisa menempatkan live link pada setiap postingan.

Kelebihan lainnya instagram yaitu memiliki pengguna yang loyal, karena pengguna instagram rata-rata merupakan kalangan menengah keatas yang suka dengan aktifitas online. Berbeda dengan facebook, dimana penggunanya masih disegala kalangan dikarenakan membuka facebook cukup murah dan hemat kuota data.

10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online
Data menunjukan Bahwa User Instagram 58X Lebih Loyal dari Facebook

Kelemahan instagram yaitu boros kuota data, dikarenakan banyaknya gambar dan video yang di loading membuat banyak orang pada kalangan bawah tidak menggunakan instagram. Untuk itu pemanfaatan bisnis instagram lebih cenderung menyasar pelanggan menengah keatas yang berpenghasilan lumayan.

Dan pemanfaatan facebook, lebih kearah pelanggan dari segala segmen dari kelas atas maupun bawah. Jadi menurut kami, yang paling terbaik untuk keprluan bisnis secara meluas adalah menggunakan keduanya instagram maupun facebook secara bersamaan.

Demikian yang bisa kami sampaikan, harapannya adalah anda tidak malas mengelola akun social media anda untuk bisnis. karena disitulah ladang uang anda. akhir kata semoga tulisan dari kami bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Utama Instagram Untuk Keperluan Bisnis Online"