10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat

Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat - Salah satu bisnis online yang paling menjanjikan adalah menjual barang secara online. Namun kebanyakan orang tidak mengerti, bagaimana cara yang benar berjualan secara online. Makanya tidak heran, masih banyak orang-orang yang memiliki toko online tapi belum mendapatkan penghasilan yang signifikan.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat


Selain itu, kebanyakan orang tidak mengerti bahwa tingkat persaingan dari berjualan online juga sangat tinggi. Bahkan lebih sulit dari berjualan offline. Kenapa lebih sulit?, karena selain tingkat persaingan tinggi, kepercayaan terhadap barang yang dijual juga sangat rendah.

Menurut data dari yang kami dapatkan bahwa hampir 60 %  penduduk Indonesia pernah belanja online dan hanya 50 % saja yang merasa puas setelah belanja online. Dimana 10 % dari yang menjawab tidak puas karena.

  • Barang Tidak Sesuai
  • Barang Rusak
  • Tertipu Dari Penjual Nakal
  • Menunggu Pengiriman Sangat Lama
  • Penjual Tidak Responsif
  • Barang Hilang Ketika Pengiriman

Hal-hal diatas merupakan alasan utama mengapa dalam penjualan barang secara online masih sangat sulit. Tapi apabila anda bisa memberikan kepercayaan serta menjalankan startegi yang tepat, maka penjualan barang secara online akan sangat mudah dilakukan.

Selain itu, salah satu kesalahan terbesar dari gagalnya penjualan online adalah dimana tidak melakukan riset pasar, apakah barang yang dijual ada peminatnya, atau barang tersebut sulit dijual karena banyak saingannya.

10 Strategi Penting Dalam Menjual Barang Online Dengan Cepat

 

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat


Untuk itu kami akan mencoba memberikan strategi khusus bagi anda yang ingin berjualan secara online dengan benar serta dapat mendatangkan penjualan yang cukup tinggi. Berikut rangkuman yang kami buat untuk anda.


1# Riset Pasar Tentukan Kebutuhan Barang Yang Sedang Trend

Pasar online Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan, hampir jutaan orang Indonesia melakukan transaksi barang secara online. Untuk itu penting sekali agar anda melakukan riset pasar online apakah yang sedang lagi naik daun, dan apa yang memang lagi di sukai oleh pasar.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Fitur Tokopedia Membantu Mencari Barang Yang Populer


Salah satu cara melihat apa yang sedang trend adalah riset pasar di marketplace Indonesia yaitu tokopedia dan bukalapak. Anda bisa lihat barang apa yang sedang di senangi. Contohnya yang lagi naik daun adalah produk Iphone, maka yang harus anda lakukan adalah mencoba menjual aksesoris Iphone. Atau mencari barang yang masih belum ada di market tersebut, namun masih berhubungan dengan produk Iphone.

Selain itu anda juga bisa riset pasar melalui trend mode artis, anda bisa lihat Instagramnya atau foto-foto terbarunya. Lihat apa yang dia gunakan, aksesoris apa yang dipakai, dan desainnya seperti apa. Sehingga anda bisa mencoba memasarkan baju, aksesoris atau pernak-pernik lainnya yang berhubungan dengan artis tersebut.

Intinya dalam menjual barang secara online, anda harus kenali dulu pasarnya. Dan perlu anda ketahui bahwa pasar yang paling menjanjikan dalam melakukan jualan online adalah menargetkan pasar wanita yang berumur 20 sampai 35 tahun. Karena dalam rentang umur tersebut, memiliki daya beli barang online yang paling tinggi di Indonesia.

2# Riset Pasar Offline di Kota Anda Barang Apa Yang Belum Ada Penjualannya

Setelah meriset barang secara umum, anda juga perlu melakukan riset barang tersebut di kota tempat anda tinggal. Apakah barang yang menjadi target anda merupakan barang yang mudah ditemukan, atau harganya murah di kota anda.


10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Pasar Barang di Salah Satu Kota di Indonesia



Karena selain anda akan memasarkan barang secara online, anda juga wajib untuk menjual di kota anda. Tujuannya adalah, agar anda mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang nantinya membeli barang anda.

Untuk riset barang di kota anda, cukup mudah anda tinggal mengunjungi tempat-tempat perbelanjaan terbesar di kota anda apakah memang ada barang yang anda akan jual, atau tidak. Dan apabila tidak ada, maka peluang anda untuk menjual barang tersebut cukup baik dari segi persaingan.

3# Memiliki Tempat Berjualan Offline Dengan Alamat Yang Jelas

Memiliki sebuah toko online juga wajib memiliki tempat fisik dalam menjual barang, tidak perlu meyewa tempat cukup rumah anda saja dijadikan tempat toko fisik anda. Karena dengan adanya tempat fisik untuk menjual barang, akan meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli anda nantinya.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Toko Fisik Bisa Menggunakan Rumah Anda


Cukup lampirkan foto dan alamat jelas tempat toko fisik anda di salah satu kolom di toko online anda. Kemudian agar lebih terlihat formal, anda bisa membeli sebuah stiker atau spanduk mini untuk di taruh pada depan rumah anda.

Hal ini terbukti meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli, apalagi bisa anda mendaftarkan toko fisik anda di google my business. Dimana dengan mendaftar di salah satu layanan google tersebut, anda akan banyak memperoleh keuntungan dari promosi di map google salah satunya.

4# Menggunakan Media Internet Untuk Sarana Promosi

Salah satu point penting dalam melakukan jual barang online secara cepat adalah memanfaatkan kekuatan media internet. Dan perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa media internet yang bisa anda manfaatkan agar barang dagangan online anda cepat terjual. Diantaranya adalah menggunakan social media, menggunakan konten marketing, menggunakan yotube marketing, dan terakhir menggunakan jasa marketplace.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Menggunakan Social Media Memperluas Jaringan Penjualan


Yang pertama kami bahas adalah menggunakan Social Media, dimana anda pasti sudah paham menggunakan Facebook dan Instagram. Gunakan keduanya untuk mempromosikan barang anda, dan jangan lupa melampirkan link website toko online anda.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Salah Satu Contoh Online Store Dengan Ada Konten Marketing



Yang kedua adalah menggunakan konten marketing, salah satu kekuatan dalam mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang adalah menyajikan konten marketing secara lugas dan terpercaya. Dimana, website toko online anda jangan juga berisikan hanya barang-barang dagangan anda saja. Namun juga menyajikan artikel-artikel menarik tentang barang yang anda jual.

Contohnya adalah, ketika anda menjual sebuah aksesoris ponsel. Maka anda bisa menyajikan beberapa artikel tentang bagimana cara merawat ponsel dengan menggunakan aksesoris yang anda jual. Dengan adanya artikel tersebut akan memberikan rasa membutuhkan kepada calon pembeli anda.


10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Youtube Marketing Yang Mulai Di Gandrungi

Yang ketiga adalah menggunakan youtube marketing, salah satu media online terbaik saat ini adalah situs Youtube. Dimana situs penyedia video online secara gratis ini bisa anda manfaatkan dalam menjual suatu produk. Apalagi bila anda bisa membuat sebuah video mengenai barang yang anda jual secara online.

Memang dalam tahap pembuatannya video cukup sulit, tapi anda jangan pernah menyerah dalam membuat video marketing pada youtube. Karena seiring waktu berjalan dan anda sudah sering membuat video marketing di youtube maka hasilnya bisa lebih bagus dan lebih kreatif lagi. Tentu akan membuat barang dagangan online anda cepat terjual.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Salah Satu Tempat Promosi Sekaligus Berjualan Dengan Gratis


Yang terakhir adalah menggunakan marketplace gratisan, pilihannya adalah tokopedia,bukalapak, dan olx semua bisa anda coba namun kami sarankan agar menggunakan semua marketplace yang ada. Karena semakin luas anda memasarkan barang akan semakin cepat juga barang online anda terjual.


5# Diskripsikan Barang Dengan Sejujur-Jujurnya Dengan Detail

Salah satu kelemahan dari penjual online adalah, tidak menjelaskan secara rinci tentang barang yang dijual. Hal ini yang akan membuat banyak orang masih belum percaya dengan toko online. Penting sekali agar anda menjelaskan secara detail kelebihan dan kekurangan barang yang anda jual, karena dengan menjelaskan secara lengkap akan membuat calon pembeli menjadi percaya dan mau membeli barang tersebut di toko online anda.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Menjelaskan Secara Detail Produk Terkait


Contohnya anda menjual sebuah baju, maka anda jelaskan bahwa bahan yang digunakan menggunakan apa, dan apabila di cuci luntur atau tidak. Bahkan lebih baik lagi apabila anda menggunakan video agar barang yang ingin dibeli pelanggan memang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

6# Melayani Calon Pembeli Dengan Sangat Baik 

Untuk point yang ini memang sudah seharusnya, anda harus melayani dengan baik calon pembeli anda. Namun kesabaran anda dalam tahap ini memang benar-benar di uji. Karena, tidak sedikit memang pembeli hanya sekedar bertanya namun tidak membeli. Bahkan menanyakan yang tidak masuk akal sama sekali.

Untuk itu diperlukannya kesabaran dalam menjawab semua pertanyaan yang ada, jangan pernah berbicara kasar bahkan apabila ada customer yang komplain dengan barang anda. Segera anda tawarkan solusi yang tepat sesuai dengan perjanjian yang sudah anda buat pada toko online anda.

7# Berikan Bonus Yang Menarik Untuk Bahan Promosi

Apabila margin keuntungan meningkat dengan tajam, saatnya untuk memberikan bonus kepada calon pembeli anda. Namun ingat dalam pemberian bonus, dimana biayanya berasal dari 20 % keuntungan bersih yang anda terima. Sehingga anda benar-benar mempertimbangkan bonus apa yang diberikan kepada pelanggan setia anda.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat


Untuk bonus, yang diberikan kepada calon pembeli atau pelanggan anda harus dengan jumlah terbatas. Agar penjualan yang anda lakukan bisa optimal. Contohnya, anda menjual sebuah produk ponsel. Anda bisa memberikan bonus power bank dengan harga yang murah dengan jumlah terbatas. Dipastikan penjualan anda bisa meningkat, karena banyak orang yang akan tertarik dengan penawaran terbatas anda.

8# Berikan Harga Diskon Sewaktu-Waktu Disesuaikan Kondisi

Pemberian harga diskon juga hampir sama dengan pemberian bonus kepada pembeli. Anda harus memperhitungkan berapa diskon yang diberikan. Dimana, anda bisa memotong keuntungan bersih anda sebanyak 50 % dengan asumsi akan kembali sebanyak 100 % dari penjualan yang dilakukan.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat


Namun lebih baiknya, dalam pemberian harga diskon hanya dalam waktu tertentu saja. Misalnya anda memberikan diskon kepada pembeli anda selama 1 hari di awal bulan. Yaitu berupa baju dengan harga Rp 100.000,-. keuntungan normal penjualan baju tersebut Rp 20.000,-. lalu anda memberikan diskon potongan harga Rp. 15.000,- sehingga keuntungan anda hanya mendapatkan Rp 5.000,- saja.

Tapi ketika hari biasa penjualan hanya terjual 20 baju dengan untung Rp. 20.000 menjadi Rp 400.000,- selama 1 hari. Dengan adanya diskon, dimana keuntungan hanya Rp 5.000,- namun penjualan berhasil bisa sampai 100 Baju maka hasil yang anda dapatkan bisa mencapai Rp 500.000,-

Perlu anda ingat bahwa harga diskon hanya sewaktu-waktu saja, disesuaikan kondisi dari pasar dikala itu. Misalnya, anda melihat tingginya persaingan dalam penjualan barang tertentu. Maka anda bisa memainkan harga dengan pemberian diskon yang akan menarik pembeli, serta mengurangi jumlah stok barang yang memang sudah banyak competitor yang menjualnya.

Jadi dalam pemberian diskon harus juga disesuaikan kondisi apakah memang tujuannya untuk promosi atau mengurangi stok barang karena tingginya persaingan barang tersebut dan beralih ke barang lainnya.

9# Mintalah Testimonial Kepada Pelanggan Anda di Online Store Anda

Jangan pernah malu untuk meminta testimonial kepada pelanggan anda, mungkin bisa berbentuk ucapan terima kasih di toko online anda atau memberikan testimonial di akun media social toko online anda.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Terdapat Daftar Testimonial Agar Lebih Terpercaya


Dengan adanya testimonial akan membuat toko online anda semakin dipercaya, karena kepercayaan terhadap toko online menentukan tingkat keberhasilan penjualan barang yang anda lakukan. Untuk itu sediakan kolom khusus di toko online anda untuk pelanggan agar bisa memberikan testimonial setelah transaksi selesai.

10# Mengumpulkan Data Calon Pembeli Anda

Salah satu point yang sering dilupakan oleh banyak pengusaha online adalah tidak mau mengumpulkan data calon pembeli. Padahal data calon pembeli bisa anda manfaatkan  untuk menawarkan barang yang anda jual. Serta memberikan info menarik, berupa content marketing yang tujuannya agar calon pembeli anda melihat toko online anda.

10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat
Salah Satu Online Store Yang Menggunakan Promo Untuk Menambah Data Calon Pembeli


Salah satu cara terbaik dalam mengumpulkan data pembeli adalah, buatlah penawaran terbatas atau pemberian harga diskon dengan syarat memberikan email atau nomor hadnphone. Dimana anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengumpulkan data calon pembeli anda.

Atau anda bisa juga membuat fanpage pada social media facebook, anda bisa menaruh widget fanpage tersebut di toko online anda. Dengan begitu anda dengan mudah menawarkan promosi atau memberitahukan kepada calon pembeli anda adanya produk baru di toko online anda.

Posting Komentar untuk "10 Cara Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat"