10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah

10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah - Memiliki jiwa entrepreneurship dalam usia muda, menunjukan bahwa anda berani dalam menerima tantangan dan keluar dari zona nyaman anda. Karena kenyataannya adalah hampir seluruh anak kuliah 80 % masih dibiayain oleh orang tua dan tidak mau beranjak dari zona nyaman.

10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Dengan memiliki jiwa entrepreneurship, berarti anda mulai belajar untuk menjalankan suatu usaha yang tujuannya adalah menghasilkan pendapatan secara konsisten. Tentunya juga siap akan tantangan bisnis yang sangat ketat, mengingat anda perlu membagi waktu untuk usaha maupun belajar yang merupakan tugas utama anda sebagai anak kuliah.

Tapi untuk menjalankan usaha di tahun 2017 ini relatif lebih mudah dan murah dari sektor biaya. Bahkan untuk menjalankan usaha dengan pendapatan bersih sekitar Rp 500.000,- sampai dengan Rp 2.000.000,- hanya dengan bermodalkan koneksi Internet dan keberanian.

Apa Saja Bisnis Sampingan Untuk Anak Kuliah Yang Paling Mudah di Lakukan

 



Menjalankan sebuah bisnis sampingan, anda harus pintar dalam membagi waktu. Kapan waktu untuk anda belajar, dan kapan waktu anda usaha. Karena anda sebagai mahasiswa merupakan kewajiban anda untuk menuntaskan pendidikan.

Kami ingin merangkum beberapa usaha yang dapat anda lakukan selagi anda masih kuliah. Dimana waktu yang diperlukan tidaklah banyak, bahkan terbilang santai namun dapat menghasilkan uang walaupun tidak banyak namun realistis.

1# Guru Privat Anak SD dan SMP





Menjadi guru privat untuk anak SD maupun SMP sebenarnya sangat menjanjikan, apalagi bagi anda yang masuk dalam jurusan guru. Menjadi sebuah kesempatan emas untuk anda dalam mengasah kemampuan anda yang nantinya akan menjadi seorang guru.

Namun agar usaha anda dapat berjalan lancar, paling tidak anda menguasai pelajaran unggulan yaitu bahasa Inggris dan matematika. Karena kedua mata pelajaran ini bisa mendapatkan bayaran yang cukup tinggi.

Kelemahan dari usaha guru privat adalah, sulit mengatur waktu dan jadwal apabila telah padatnya anak didik yang anda tangani. Serta dapat mengganggu waktu belajar anda apabila anda mengambil jam kerja pada malam hari.

Untuk perhitungan dari usaha guru privat dari bayaran per harinya bisa mencapai Rp 40.000,-. Apabila anda menjalankan usaha ini dalam seminggu, anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp 240.000,-. Dan sebulan bisa mencapai satu jutaan apabila banyak anak didik yang anda ajarkan.  

2# Freelancer


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih santai dengan waktu yang lebih fleksibel, adalah menjadi seorang freelancer. Dimana anda tinggal mencari pekerjaan yang tersedia di Internet dan anda tinggal mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Anda bisa berkerja dimana saja apakah di kampus, kos-kosan, atau rumah anda. Yang terpenting adalah pekerjaan yang anda dapatkan dapat dikerjakan tepat waktu. Sehingga sang pemberi kerja mendapatkan hasil yang memuaskan dari anda.

Salah satu kelemahan dari menjalankan usaha ini adalah, sulitnya menemukan pekerjaan yang mudah serta bayaran yang tinggi. Cenderung dikuasai oleh banyak orang-orang freelencer yang professional serta memiliki sebuah tim kerja yang solid.

Untuk perhitungan keuntungan adalah tergantung dari pekerjaan proyek yang anda dapatkan. Kami telah mencoba situs freelancer terbaik yaitu freelancer.co.id dimana terdapat banyak sekali pekerjaan yang bisa anda ambil dengan bayaran Rp 200.000,- sampai dengan Rp 2.000.000 Setiap proyek yang anda kerjakan.

3# Makelar Properti Dan Kendaraan


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Apabila anda termasuk mahasiswa jurusan pemasaran atau komunikasi, mungkin sangat cocok untuk mencoba bisnis sampingan kali ini yaitu makelar properti dan kendaraan. Salah satu kemudahan dalam bisnis ini adalah, anda terlahir di zaman internet yang menghubungkan dengan semua orang yang ada.

Bisnis makelar ini merupakan bisnis yang mudah, tapi sangat sulit menghasilkan tapi sekali saja anda berhasil maka keuntungan yang anda dapatkan juga cukup besar. Tapi tidak ada yang sulit, anda cukup mencari orang yang berminat membeli properti atau kendaraan yang anda tawarkan di social media.

Kelemahan dari menjalankan bisnis ini hanyalah rasa malas untuk berusaha mencari pembeli, dimana anda dituntut lebih kreatif lagi dalam memasarkan properti dan kendaraan yang anda tawarkan kepada orang lain di social media.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan usaha ini adalah, anda bisa mendapatkan komisi yang cukup besar dari pemilik properti dan kendaraan biasanya adalah 5%-10% dari keuntungan penjualan yang didapat.

4# Dropshipping


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Menjalankan bisnis online dropshipping, merupakan salah satu cara terbaik untuk anak kuliahan yang ingin mencari uang sampingan namun tidak menggangu waktu untuk kuliah. Karena menjalankan usaha ini cukup mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa repot.

Anda hanya membutuhkan koneksi internet serta beberapa modal awal untuk membeli barang untuk pelanggan anda nantinya. Untuk alur bisnisnya adalah, Pembeli membeli barang pada etelase toko online anda, kemudain anda langsung membeli barang yang dipilih oleh pembeli anda pada agen yang menjalin kerjasama dengan anda, kemudian barang dikirim oleh agen anda.

Walaupun mudah, bisnis ini memiliki kelemahan yaitu, anda tidak tahu stok barang dari agen sehingga terkadang transaksi di toko online anda bisa tidak ada barang di agen anda. Kemudian apabila terjadi masalah pada barang yang dikirim oleh agen anda, maka anda harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Untuk keuntungan, tim kami sudah mencoba menjalankan bisnis dropshipping ini dengan menggunakan situs tokopedia dan bukalapak, dimana untuk keuntungan bisa mencapai Rp 250.000,- sampai dengan Rp 700.000,-. tergantung dari daya beli, serta banyaknya barang di etelase anda.

5# Ojek Online


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Jasa Antar online atau bisa disebut gojek, memang lagi sedang naik daun. Bagaimana tidak, perusahaan startup gojek merupakan perusahaan dengan pendanaan oleh investor paling besar di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu sponsor resmi liga 1 sepak bola Indonesia.

Apabila anda ingin mencari pekerjaan sampingan untuk anak kuliahan, mendaftar menjadi driver gojek merupakan pilihan yang tidak salah. Anda akan mendapatkan penghasilan lebih, serta dapat bekerja pada kapan saja anda mau.

Tapi kelemahannya adalah, yang paling utama adalah sangat menguras fisik. Karena mengendarai motor non stop, akan membuat anda malas mengerjakan tugas-tugas kuliah yang diberikan. Pikirkan baik-baik apabila anda memang ingin menjadi driver gojek, apakah fisik anda menunjang dan anda bisa membagi waktu dengan baik.

Untuk sektor pendapatan, dimana apabila anda mengambil kontrak secara freelance karena anda masih kuliah akan mendapatkan penghasilan sebesar 80% dari pembayaran oleh pelanggan. Jadi apabila tarif anda setiap menjalankan pekerjaan sebesar Rp 10.000,- maka hasil yang anda dapat sebesar Rp 8.000,- dipotong 80% untuk anda.

Apabila setiap harinya anda mendapatkan pelanggan sebanyak 5 orang dalam waktu 3 jam, maka pendapatan anda per harinya sebesar Rp 40.000,- dan setiap bulan Rp 1.200.000,-. Tapi simulasi perhitungan ini hanya contoh. Karena kenyataannya, pendapatan yang bisa anda dapatkan sangat bervariasi tergantung jarak dan seberapa jauhnya anda mengantar pelanggan atau pesanan pelanggan.

6# Menjual Barang Secara Online


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Menjual sejumlah barang secara online memang sedikit menguntungan, namun anda memerlukan sejumlah modal. Tidak mudah menjalankan bisnis online, karena membutuhkan insting menjual yang tepat dengan kondisi pasar serta komunikasi yang bagus agar produk yang anda jual laris.

Apabila anda merupakan mahasiswa jurusan marketing atau akuntansi, paling tepat menjalankan bisnis sampingan ini. Karena kemampuan anda dalam mengelola barang dan menjual kepada pelanggan dapat memberikan pengalaman dalam bekerja.

Kelemahan dari menjalankan bisnis ini adalah, apabila anda salah dalam memilih barang yang akan dijual maka akan sangat sulit mengembalikan modal yang sudah anda keluarkan. Apalagi bila anda tidak pintar berkomunikasi kepada pelanggan maka penjualan barang anda akan sulit terjual.

Untuk pendapatan, tim kami telah mencoba menjalankan bisnis menjual barang secara online. Dimana kami mengambil sejumlah barang dari marketplace luar negeri dengan mengambil keuntungan 10% sampai 20%. Maka, dengan modal Rp. 2.000.000,- maka bisa balik modal selama satu minggu dengan pendapatan bersih sebesar Rp 300.000,-. Dan untuk sebulan sebesar Rp 1.000.000,- bila penjualan anda lancar.

7# Jasa Penulis Blog


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Setiap mahasiswa, pasti sudah familiar dengan tugas pembuatan makalah. Apabila anda pintar dalam membuat sebuah resum atau sebuah ulasan, mungkin anda bisa memanfaatkan kemampuan anda untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis pada sebuah blog.

Menjalankan usaha menjadi penulis blog sangatlah mudah, anda bisa berkerja kapan saja dan dimana saja anda mau. Apalagi anda merupakan mahasiswa, sangat banyak ilmu yang bisa anda tulis untuk sebuah blog dari referensi buku-buku kuliah yang terdapat di kampus anda.

Kelemahan dari menjalankan bisnis jasa penulis blog adalah, peluang untuk mendapat pekerjaan penulis blog sangat ketat. Karena, banyak sekali penulis blog yang dapat menulis dengan cepat serta bayarannya murah. Untuk itu, diperlukan sekali anda membuat sebuah blog contoh, untuk mempromosikan tulisan anda kepada calon pelanggan anda.

Untuk pendapatan yang bisa anda peroleh dari menjalankan bisnis ini adalah, apabila anda menulis artikel untuk blog dengan 300 Kalimat, maka tarifnya biasanya adalah Rp 6.000 untuk 1 buah artikel. Apabila setiap minggunya anda mendapatkan pekerjaan menulis sebanyak 30 artikel maka akan mendapatkan sebesar Rp 180.000,-. Dan sebulan sebesar Rp. 720.000,-.

Pendapatan dalam menulis sebuah artikel sangat bervariasi, tergantung banyaknya kalimat serta banyaknya permintaan dari pelanggan anda. Menjalankan bisnis ini secara konsisten, sangat berpeluang menghasilkan uang yang cukup banyak daripada membuat sebuah blog untuk memasang iklan adsense.

8# Menjalankan Bisnis Online




Menjalankan bisnis online memang bisa menjadi pilihan yang tepat apabila anda seorang mahasiswa komputer. Karena sangat banyak sekali bidang pekerjaan dari bisnis online. Berikut daftar bidang pekerjaan untuk bisnis online.
  • Menjadi Publisher Adsense
  • Menjadi App Maker Android
  • Afiliate Marketing
  • Bitcoin Mining
  • Publisher Iklan Blog Download
  • Menjual SEO Tools
  • Jasa Seo
  • Blog Youtube
  • Membuat Website/Blog Untuk di Jual Kembali
  • Admin Social Marketing
Terdapat 10 pilihan untuk menjalankan bisnis online, anda bisa memilih salah satunya dan fokus untuk menjalankan satu bidang saja. Karena apabila anda tidak fokus maka akan membuat anda tidak menghasilkan apa-apa dan membuang waktu anda.

Karena kelemahan dari menjalankan bisnis online adalah, hasil yang anda dapatkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat menghasilkan. Dan diperlukannya juga pengorbanan waktu dan tenaga agar dapat membangun bisnis online yang anda jalankan.

Untuk penghasilan dari menjalankan bisnis online ini kami akan bahas di artikel lainnya, namun untuk pendapatan menjadi seorang admin social marketing tim kami telah mencoba dimana pekerjaannya adalah mengelola akun Fan Page dari facebook dan membuat akun social media untuk dijual bisa mendapatkan sebesar Rp 1.000.000,- setiap bulannya.


9# Buka Kedai Makanan & Minuman Mini


10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Membuka kedai makanan dan minuman mini, merupakan salah satu bisnis sampingan yang membutuhkan banyak modal dan tempat untuk usaha. Namun, apabila bisnis ini sukses anda jalankan maka keuntungan yang anda bisa dapatkan sangatlah besar.

Walaupun padat modal, bisnis kedai makanan dan minuman mini sangat mudah dilakukan, mungkin anda bisa mencoba berjualan bakso, sosis, roti isi, dan jus buah dengan membuka di dekat kampus anda. Tidak perlu malu, menjalankan usaha ini karena keuntungan yang didapat cukup besar.

Kelemahan dari menjalankan usaha ini adalah dibutuhkannya waktu kerja yang cukup lama untuk menjalankan bisnis ini sehari-hari. Dan dipastikan anda akan kesulitan mengatur jadwal anda kuliah serta menjalankan bisnis kedai ini. Solusinya adalah, membayar seseorang untuk menjalankan usaha ini namun keuntungan yang anda dapatkan sedikit berkurang untuk membayar gaji karyawan anda.

Modal awal yang harus anda keluarkan mungkin sekitar Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,- tergantung model bisnis apa yang anda pilih. Untuk keuntungan seharinya, contohnya adalah berjualan roti tawar isi keju.

Dimana dalam penjualan seharinya terdapat 30 kali pembelian, untuk harganya adalah Rp 8.000,-. Maka keuntungan kotor dalam sehari yang anda dapatkan adalah sebesar Rp 240.000,-. dipotong dengan biaya produksi sebesar Rp 80.000,- maka keuntungan bersih didapat sebesar Rp 160.000,- dalam sebulan anda bisa mendapatkan kurang lebih Rp 4.000.000,-.

10# Fotografer atau Jualan Foto




Menjadi seorang fotografer merupakan hobi yang bisa dijadikan pundi-pundi rupiah, karena anda bisa memanfaatkan kamera professional yang anda miliki untuk menjalankan bisnis sampingan. Waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini juga tergolong senggang, dan hanya di lakukan pada hari libur saja.

Apabila anda kesulitan untuk mencari pelanggan, anda bisa bergabung dengan fotografer professional lainnya yang memiliki jam kerja padat. Tawarkan juga bahwa anda bisa melakukan editing video dan foto agar jasa anda diterima dengan baik.

Kelemahan menjalankan bisnis ini adalah bayarannya yang sedikit, dimana rata-rata untuk membantu fotografer di acara-acara pernikahan atau acara lainnya biasanya mendapatkan bayaran yang sedikit. Kecuali bila anda mendapatkan pekerjaan secara personal, yang rata-rata untuk bayarannya lebih besar. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara menjual hasil foto unggulan anda di situs jual beli foto shutterstock.

Untuk penghasilan apabila anda mendapatkan pekerjaan secara personal oleh pelanggan biasanya adalah Rp 1.000.000,- dalam satu minggu ketika hari libur. Tapi apabila anda membantu fotografer lainnya dalam suatu acara untuk bayaran bisanya sebesar Rp 100.000,- sampai dengan Rp 200.000,-. Kami sarankan untuk mencoba menjual hasil karya anda di shutterstock agar mendaptkan hasil yang lebih.

Bisnis Sampingan Manakah Yang Paling Cocok Untuk Anak Kuliah Dengan Modal Kecil


Berbicara bisnis di masa kuliah, memang perlu anda lakukan selagi anda masih muda. Daripada membuang waktu pada hal-hal yang tidak berguna, lebih baik anda menumbuhkan peluang usaha agar siap menghadapi persaingan global yang sangat ketat.

Salah satu usaha bisnis sampingan yang paling mudah dan minim biaya serta resiko adalah menjalankan bisnis online. Terdapat 10 bidang dari jenis usaha bisnis online yang dapat anda pilih salah satunya.

10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Perlu anda ketahui bahwa, semakin tahun maka semakin majunya dunia teknologi. Apabila anda tidak mulai mengembangkan sebuah bisnis online, maka anda akan ketinggalan dalam meraih peluang yang cukup besar.

Jangan berfikir bahwa, dunia bisnis online tingkat persaingannya tinggi. Hilangkan maindset tersebut, mulailah berfikir tentang apa yang dibutuhkan oleh dunia. Apabila anda sudah menemukan jawabannya, mulailah merintis startup bisnis online anda dan ciptakan peluang untuk Indonesia agar lebih maju.

10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah


Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi anda mahasiswa Indonesia. Jangan pernah menyerah dengan usaha anda. Apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan komentar apabila terdapat pertanyaan untuk kami, terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Anak Kuliah"